Kenali Penyakit Ginjal dalam 2 Menit!


Rumah Ginjal -  Penyakit ginjal hingga saat ini masih menjadi momok penyakit yang menakutkan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya informasi dan ketidaktahuan masyarakat. Sebetulnya jika ditemukan lebih dini penyakit ini dapat dicegah dan dihentikan progresifitasnya.

Mari kita bahas secara singkat dan padat pertanyaan yang sering kita cari serta jawabannya dengan singkat dan informatif.

Apa itu penyakit ginjal?
Penyakit ginjal adalah penyakit yang ditimbulkan akibat kerusakan ginjal sehingga mengganggu fungsi dan kinerjanya. Bisa bersifat sementara atau bisa berlangsung kronis atau menahun.

Apa fungsi ginjal?
Fungsi ginjal untuk menyaring kotoran dan mengatur kelebihan dan kekurangan air dalam tubuh. Jika fungsi ginjal mengalami gangguan, maka kotoran tidak dapat dibuang dan menumpuk yang pada akhirnya mengganggu atau merusak tubuh.

Apa gejalanya?
Gejala dari penyakit ginjal pada awalnya tidak bergejala, namun pada perburukannya dapat menyebabkan keletihan, lemas, hingga terjadi komplikasi lebih lanjut. Umumnya, banyak pasien penderita ginjal datang ke dokter sudah sampai pada fase lanjut.

Apa faktor risikonya?
Resiko dari penyakit ginjal terjadi pada pasien dengan penyakit gula atau diabetes, penyakit darah tinggi, penyakit kolesterol, penyakit batu ginjal atau penyakit dengan infeksi saluran kencing menahun.

Apa yang harus saya lakukan?
Segera periksa ke dokter jika mempunyai faktor risiko penyakit ginjal, jadwalkan pemeriksaan rutin tiap 6 bulan atau tiap tahun untuk konsultasi dengan dokter.

Bagaimana menegakkan diagnosis penyakit ginjal?
Bagi seorang dokter untuk menegakkan diagnosis penyakit ini perlu mengetahui riwayat keluhan, faktor risiko, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium atau jika memang perlu diperiksakan rontgen atau usg.

Apakah penyakit ginjal bisa sembuh?
Pada penyakit ginjal yang berlangsung akut atau sementara, pasien bisa sembuh. Namun, pada pasien kronis progresifitas penyakit ginjal dapat diperlambat.

Terapinya?
Terapi untuk pasien yang mengalami penyakit ginjal dilakukan dengan diet makanan yang disarankan oleh dokter atau gizi, kontrol faktor risiko yang ada, serta konsumsi obat dari dokter yang rutin. Pada kondisi lanjut dimana ginjal sudah benar-benar rusak, pilihan terapinya berupa cuci darah atau transplantasi ginjal.

Sudah pada mengerti kan apa itu penyakit ginjal. Semoga dengan pembahasan singkat ini bisa membuka wawasan kita. (DMH)

 

sumber gambar: klikdokter.com

Source:
Keywords:

rumah sakit ginjal di penang malaysia, dokter ginjal terbaik di indonesia, rumah sakit khusus ginjal, rumah sakit ginjal di medan, dokter urologi terbaik di penang, dokter spesialis ginjal di bekasi, dokter spesialis ginjal di rscm, dokter spesialis ginjal di medan, ahli nefrologi di sekitar saya, dokter spesialis ginjal di solo, dokter spesialis ginjal di surabaya, dokter spesialis ginjal terbaik di tangerang, gelar dokter spesialis ginjal, loker rs habibie bandung, rs khusus ginjal ny. r.a. habibie kota bandung, jawa barat, jadwal praktek dokter rs habibie, alamat rs bj habibie bandung, pelatihan hemodialisa rs habibie bandung, rumah sakit yang membutuhkan ginjal, alamat rumah sakit habibie bandung, profesor ahli ginjal, dokter urologi di lam wah ee penang, dokter ginjal terbaik di penang, dr urologi di island hospital, biaya berobat urologi, dr liong meninggal, dokter urologi lam wah ee, dokter andrologi di penang, dokter spesialis batu empedu di penang, pengalaman berobat ginjal di penang, dokter ginjal terbaik di penang, biaya transplantasi ginjal bpjs, biaya cangkok ginjal di singapura, rumah sakit ginjal terbaik di jakarta, dokter ginjal di island hospital penang, biaya transplantasi ginjal di rs cikini, dokter ginjal terbaik di penang, biaya operasi batu ginjal di penang, operasi usus buntu di penang, dokter di penang, rekomendasi dokter jantung di penang, berobat ginjal ke malaka, dr oh kim soon review, biaya operasi lutut di penang, dokter di penang, dokter tulang yang bagus di penang, dokter stroke terbaik di penang, rekomendasi dokter jantung di penang, dokter mata di penang, dokter ginjal di island hospital penang, biaya transplantasi ginjal di rs cikini, biaya transplantasi ginjal bpjs, biaya operasi angkat ginjal, biaya operasi ginjal 2018, biaya transplantasi ginjal di penang, rumah sakit cangkok ginjal di indonesia, rumah sakit ginjal di penang malaysia, dokter ginjal terbaik di indonesia, sakit ginjal berobat ke penang, donor ginjal