Komite Audit 11 PTN BH Gelar Forum Komunikasi di UNAIR


Rumah Ginjal - UNAIR NEWS – Komite Audit dari 11 Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) melangsungkan kegiatan Forum Komunikasi. Forum yang dilangsungkan di Ruang Kahuripan 301 Kampus C Universitas Airlangga (25/4/2019), dihadiri oleh puluhan perwakilan Komite Audit dari 11 PTN BH.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor I UNAIR Prof. Djoko Santoso, dr., Ph.D., Sp.PD., K-GH., FINASIM., tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Senat Akademik UNAIR Iman Prihandono, SH., MH., LL.M., Ph.D.,  Ketua Komite Audit UNAIR Drs. R. Hartono, dan Ketua Forkom Komite Audit PTN BH Drs. Tarmizi Achmad MBA., Ph.D.

Dalam sambutan pembuka Prof. Djoko mengatakan bahwa dalam mengisi revolusi industri 4.0, Indonesia yang dalam hal ini perguruan tinggi harus bisa menjadi salah satu penopang dan menjadi pedorong dari sebuah kemajuan bangsa. Untuk itu, tandasnya, kinerja yang ada di perguruan tinggi harus bisa efektif dan efisien.

“Efektivitas dan efisiensi harus bisa mencangkup banyak hal. Dalam penggunaan anggaran misalnya, harus bisa terus berupaya memberikan yang terbaik,” jelasnya.

Pertemuan itu, lanjut Prof. Djoko harus bisa menghasilkan banyak rumusan untuk mendukung berbagai unit yang terkait pengembangan pendidikan di PTN BH bisa berjalan dengan baik. Terlebih, 11 PTN BH merupakan kampus-kampus terbaik di Indonesia.

“Adanya pertemuan komite ini, tentu diharapkan mampu mendukung pengembangan dan perbaikan ke depannya di kampus masing-masing,” tandas Prof. Djoko.

Sementara itu, Ketua Forkom Komite Audit PTN-BH Drs. Tarmizi Achmad MBA., Ph.D., dalam sambutannya mengatakan bahwa bahasan yang diulas oleh perwakilan dari 11 PTN BH di UNAIR, nantinya akan dimatangkan dalam pertemuan bersama yang akan dilangsungkan di Universitas Sumatera Utara.

“Tentu, hadirnya komite audit ini agar kita semua bisa saling komunikasi untuk memecahkan permasalahan yang berbeda dengan ruang lingkup masing-masing kampus yang berbeda pula,” tuturnya. “Dan hasil pertemuan ini akan kita lanjutkan dengan pertemuan lagi di USU,” imbuhnya.

Usai melakukan pembukaan, forum tersebut mengulas banyak hal tentang berbagai arah kebijakan, keuangan, dan berbagai mekanisme aturan dari masing-masing PTN BH. Dari hasil pertemuan tersebut, nantinya akan dirumuskan kembali dengan matang di USU. Mengenai waktu pertemuan selanjutnya, forum menunggu keputusan dari pihak tuan rumah, USU Medan.

 

Penulis: Nuri Hermawan