Kurang Darah Pada Sakit Ginjal, Bahaya kah?


Rumah Ginjal - Kurang darah atau yang biasa disebut anemia merupakan suatu gejala akibat suatu penyakit atau adanya perdarahan. Kurang darah biasanya disebabkan oleh adanya gangguan pembentukan sel darah merah, kurangnya bahan pembentukan sel darah merah, adanya kehilangan saat terjadi luka, atau umur sel darah merah yang pendek. Pada sakit ginjal biasanya disebabkan oleh gangguan produksi dan kurangnya zat pembentuk sel darah merah seperti zat besi. Pada gagal ginjal tahap akhir biasanya juga disertai perdarahan kecil di lambung sehingga memperberat kurang darahnya.

 

Apakah berbahaya?

Ya, kurang darah pada sakit ginjal merupakan salah satu tanda bahwa perjalanan sakit ginjal Anda tambah berat. Mengapa begitu? Karena salah satu fungsi ginjal adalah menghasilkan hormon eritropoetin yang memicu terjadinya pembentukan sel darah merah, jika terjadi kurang darah berarti fungsi ginjal sudah menurun jauh, dan dengan mudah jatuh pada kondisi gagal ginjal.

Selain itu kurang darah pada gagal ginjal memicu terjadinya penyakit jantung. Jantung berkompensasi dengan meningkatkan kinerjanya saat terjadi kurang darah, jika hal ini terjadi terus menerus maka akan mengakibatkan pembengkakan jantung. Jika jantung bengkak maka darah yang dipompa ke ginjal juga berkurang dan memperberat sakit ginjal Anda. Selain itu jantung yang bengkak dapat menurunkan fungsi jantung hingga gagal jantung.

Kurang darah juga menyebabkan sel sel tubuh kekurangan nutrisi sehingga sel tubuh anda mudah terjadi kerusakan. Jika hal ini terjadi di semua sel tubuh maka mudah menimbulkan komplikasi yang lebih berat lagi.

 

Apa saja gejala kurang darah pada pasien sakit ginjal?

Gejala yang mudah dikenali adalah lemas, mudah capek, dan tidak nafsu makan. Pada pemeriksaan fisik mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminta bantuan pada keluarga terdekat Anda untuk melihat bagian dalam kelopak mata bawah Anda, yang jika kurang darah akan tampak pucat, atau dengan melihat kuku anda yang tampak pucat, atau dengan melihat rongga mulut anda yang juga tampak pucat. Jika didapatkan tanda tanda ini segera periksakan diri Anda ke dokter.

 

Apa yang harus dilakukan?

Kontrol rutin ke dokter spesialis Anda mutlak harus ada lakukan jika Anda sakit ginjal. Biasanya dokter Anda menginstruksikan Anda untuk melakukan pengecekan darah secara rutin. Cek darah yang rutin dilakukan adalah darah lengkap dan status zat besi Anda. Hal ini harus dipantau secara teratur. Darah lengkap yang menggambarkan kurang darah adalah dari hemoglobin, kadar hemoglobin normal adalah > 10g/dl pada pasien sakit ginjal.

Jika memang terbukti kurang darah dokter Anda akan memberikan obat untuk menjaga stabilitas kadar hemoglobin, selain itu Anda juga harus memperbaiki pola makan, tidur yang cukup, dan aktifitas yang cukup. []

 

Sumber gambar: klikdokter.com

Source:
Keywords: