Lima Stadium Penyakit Ginjal Kronis !


Rumah Ginjal - Perburukan penyakit ginjal kronis dapat kita ketahui dengan melihat tingkat stadiumnya. Hal ini penting untuk menentukan komplikasi yang bisa terjadi, pencegahan perburukan stadium ginjal, pilihan diet makanan, dan penentuan terapi. Penentuan stadium penyakit ginjal kronis yang paling mendekati dengan fungsi ginjal yang sesungguhnya adalah dengan memeriksakan cystatin C. Namun karena mahal dan butuh waktu, kita juga dapat memeriksakan dengan estimated GFR. Dengan menghitung estimated GFR kita akan mendapatkan angka dan kita dapat golongkan ke dalam stadium.

Ada 5 stadium dalam penyakit ginjal kronis. Berikut penjelasan dari masing-masing stadium.

  1. Stadium 1 (GFR > 90 ml/min)
    Pada stadium ini didapatkan adanya kerusakan struktur ginjal namun fungsi cadangan ginjal masih bagus. Pada fase ini sebaiknya diagendakan secara rutin untuk memeriksakan diri ke dokter tiap 6 - 12 bulan untuk evaluasi.

  2. Stadium 2 (GFR 60 - 89 ml/min)
    Pada stadium ini didapatkan adanya penurunan fungsi ginjal, namun masih ringan. Pada fase ini sebaiknya kontrol rutin ke dokter tiap 3 - 6 bulan, diet makanan sesuai anjuran dokter, dan minum obat secara rutin sesuai faktor risikonya.

  3. Stadium 3 (GFR 30 - 59 ml/min)
    Pada stadium ini didapatkan adanya penurunan fungsi ginjal sedang. Ginjal sudah mengalami gangguan fungsi pada tahap ini. Keluhan sudah mulai timbul pada fase ini. Pada stadium ini sebaiknya kontrol rutin ke dokter sesuai anjuran, diet makanan sesuai anjuran dokter, dan minum obat secara rutin sesuai faktor risikonya.

  4. Stadium 4 (GFR 15 - 29 ml/min)
    Pada stadium ini didapatkan adanya penurunan fungsi ginjal berat. Ginjal sudah tidak dapat menyaring racun dan mulai banyak didapatkan keluhan. Pada fase ini sebaiknya kontrol rutin ke dokter, diet makanan (yang rendah protein, hindari buah, sayur dan kaldu), dan minum obat secara rutin sesuai faktor risikonya. Selain itu pasien juga harus tahu risiko untuk dapat turun ke stadium 5 dan mempersiapkan mental untuk menjalani terapi pengganti ginjal seperti cuci darah atau transplantasi.

  5. Stadium 5 (GFR < 15 ml/min)
    Pada stadium ini didapatkan adanya kegagalan fungsi ginjal. Pada fase ini bisa dipertimbangkan untuk melakukan terapi pengganti ginjal yaitu cuci darah atau transplantasi ginjal.

Dengan mengetahui setiap stadium, kita dapat mengantisipasi serta mencegah agar tidak terjadi penurunan fungsi ginjal yang lebih berat lagi. (DMH)

Sumber gambar: prosehat.com

Source:
Keywords:

gagal ginjal akut, pengobatan gagal ginjal akut, obat ginjal tradisional ampuh, obat sakit ginjal paling ampuh, obat herbal gagal ginjal stadium 5, pengobatan gagal ginjal stadium 5, buah untuk obat ginjal, buah pencegah penyakit ginjal, pencegahan nefritis, pengertian gagal ginjal, infeksi ginjal, gagal ginjal wikipedia, gagal ginjal adalah pdf, jurnal gagal ginjal pdf, patofisiologi gagal ginjal pdf, konsensus gagal ginjal kronik pdf, penatalaksanaan gagal ginjal kronik pdf, makalah gagal ginjal kronik pdf, prevalensi gagal ginjal kronik menurut who 2017, patofisiologi gagal ginjal kronik, jurnal keperawatan gagal ginjal kronik pdf, pengobatan gagal ginjal, penyebab gagal ginjal, pencegahan gagal ginjal, gagal ginjal stadium 5, gagal ginjal pdf, makanan penyebab gagal ginjal, gagal ginjal kronis pdf, ciri ciri penyakit ginjal stadium awal, gagal ginjal akut pdf, patofisiologi gagal ginjal akut, gagal ginjal akut pada anak, gagal ginjal akut ppt, gagal ginjal kronik pdf, gagal ginjal akut icd 10, makanan yg boleh untuk penyakit ginjal, makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal, menu makanan penderita gagal ginjal, terapi jus untuk gagal ginjal, makanan yang tidak baik untuk ginjal, makanan untuk penderita ginjal dan diabetes, ragam menu sehat untuk penderita penyakit ginjal, jurnal gagal ginjal kronik pdf, patofisiologi gagal ginjal kronik pdf, gagal ginjal akut pdf, konsensus pernefri 2016 pdf, gagal ginjal stadium 5 apa bisa sembuh, ciri ciri gagal ginjal stadium 5, stadium gagal ginjal kronik pdf, berapa lama penderita gagal ginjal bisa bertahan hidup, ginjal stadium 4 bisa sembuh, pengobatan gagal ginjal stadium 5, pengalaman berobat ginjal di penang, biaya cangkok ginjal di singapura, biaya transplantasi ginjal bpjs, biaya transplantasi ginjal di rs cikini, dokter ginjal terbaik di penang, rumah sakit ginjal terbaik di jakarta, penyebab gagal ginjal, gagal ginjal kronis pdf, makalah gagal ginjal kronik, obat gagal ginjal alami, obat ginjal tradisional ampuh, obat herbal gagal ginjal stadium 5, obat sakit ginjal paling ampuh, pengobatan gagal ginjal akut, buah untuk obat ginjal, obat ginjal tradisional seledri, cara mengatasi gagal ginjal, penyebab penyakit ginjal, batu ginjal, penyebab penyakit gagal ginjal, makanan penyebab gagal ginjal, penyebab gagal ginjal dan pencegahannya, penyebab batu ginjal, ciri ciri penyakit ginjal stadium awal, apa itu gagal ginjal, rumah ginjal