Mengingat Sekelumit Gagal Ginjal Kronis


Rumah Ginjal - Tutwuri.id – Fakta di lapangan bahwa gagal ginjal kronis (GGK) itu sangatlah umum, berbahaya lagi, namun dapat dicegah dan diobati. Kejadiannya demikian tinggi, hampir tiap 10 orang dewasa ada 1 orang yang menderita penyakit ini. Dan jika sudah terkena, mereka akan berisiko tinggi terhadap serangan jantung atau stroke.

Ketika terserang dan bisa bertahan hidup, tentu mereka terampas hak hidupnya. Bahkan ngerinya lagi untuk kedepannya dari kehidupan mereka, saat kapan saja mereka bisa beresiko mati mendadak, atau masuk ICU karena terserang sesak hebat, infeksi berat, kejang-koma. Jika masih bisa diselamatkan, umumnya fisik mereka jauh menurun hingga tidak bisa mandiri lagi. Keluarganya seperti anak istri-suami pun juga ikut menanggung derita, semua aktivitas dan agenda kehidupannya tidak akan berjalan dengan baik bahkan kalang kabut.

Maka dari itu menjadi wajar bahwa penyakit ini tergolong suatu penyakit yang sangat mengancam kesehatan masyarakat yang tidak saja nasional bahkan level global. Lain itu, penyakit ini juga tidak pandang usia, ras, status sosial maupun negara mana saja mereka berada. Namun umumnya, frekuensi kejadian semakin sering (dan cenderung jelek) berasal dari kelompok ekonomi yang kurang beruntung dan pola hidup yang acak-acakan.

Barangkali inilah pesan yang mungkin bisa saja jadi pengulangan bagi mereka yang berperhatian, namun bagi yang belum tahu maka hal ini sesungguhnya merupakan bentuk informasi pencerahan yang sangat baik dan berharga.

Dengan tahu dan menyadari bahwa gagal ginjal kronis itu sangatlah umum, berbahaya lagi, namun dapat dicegah dan diobati ini, maka lebih cepat diantisipasi hingga bisa meminimalisir kejadian gagal ginjal kronis. Lantas bagaimana pencegahannya?

Untuk tahu pencegahnnya maka berikut ini sebaiknya diketahui. Ginjal adalah organ rumit yang melakukan banyak tugas penting untuk membuat tubuh tetap sehat. Jelasnya, ginjal bertugas menghilangkan racun dan kelebihan air yang tidak dibutuhkan, membantu mengontrol tekanan darah, memproduksi sel-sel darah merah sehingga hemoglobin terkendali normal, menjaga tulang.

Selain itu ginjal bertugas mengontrol aliran darah yang mengandung banyak mineral dan molekul termasuk natrium dan kalium, dan mengontrol keasaman darah, mengontrol garam, tekanan darah tetap normal. menghasilkan urin, mengontrol keseimbangan kimiawi tubuh, menjaga kesehatan tulang.

Dan ketika fungsi ini terganggu secara kronis, maka dampaknya di tubuh sangat luas. Semua organ tubuh akan terganggu atas kinerja ginjal yang tidak normal. Dalam hal ini organ-organ penting seperti otak, jantung-pembuluh darah, organ kelenjar, saraf, organ hormonal dan sistem metabolisme tubuh, akan lebih cepat memberikan manifestasi klinis sesuai gangguan faalnya. Namun sayangnya, gangguan demi ganggaun ini berjalan sangat lambat hingga seakan semuanya tidak ada bahaya yang mengancam.

Entah kapan awalnya terkena, yang jelas sebelum terdiagnosa GGK, banyak dari mereka yang terkena akan mengatkan bahwa sebelumnya biasa biasa saja. Jika yang sakit dari kelompok remaja misalnya, senantiasa justru menjalani kegiatan hariannya dengan penuh antusias. Namun, ketika saatnya tiba, mereka umumnya mulai merasakan badannya lemah, mengantuk, seperti kelelahan dan kondisi badan kurang prima di sela menjalani rutinitas ‘normal’nya.

Saat itu umumnya belum menyadari bahwa bagian itu sesungguhnya adalah bagian dari sakit ginjal kronisnya. Bahkan sekalipun menderita kondisi ekstrim seperti mengalami muntah dan pandangan buram, mereka masih mengira bahwa hal tersebut terkait kondisi belum makan dan atau mereka justru mengakui bahwa wajar karena hal itu terkait dengan proses transisi menginjak fase remajanya. Atau mungkin bahwa gejala-gejala ini terus di abaikan sementara sambil berharap hilang begitu saja seperti masuk angin. Hingga di tunggu-tunggu perbaikan tidak muncul, bahkan yang datang justru berupa bengkak yang disertai gejala-gejala keracunan (seperti pusing, penglihatan kabur, mual, pucat) mereka terkaget-kaget bahwa ternyata semua itu adalah bagian dari sakit ginjal kronis yang sudah terlambat hingga harus menerima pahitnya cuci darah yang dijalani seumur hidupnya.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, maka setiap kita perlu menjaga ginjal yang menakjubkan dengan cara mengetahui dan memahami tentang faktor risiko dari penyakit ginjal sedini mungkin. Dan resiko utama yang perlu diketahui lebih dini adalah diabetes dan darah tinggi. Dua hal ini sangat sering sekali menjadikan ginjal kita mudah rusak.

Maka dari itu perlu sekali membuat gerakan yang mendorong untuk senantiasa berperilaku preventif bahwa mencegah PGK lebih baik dari pada mengobati, lebih lebih segera menghindari resiko terkena diabetes dan darah tinggi. Untuk mensinkronkan gerakan ini, perlunya penguatan peran dari para profesional kesehatan dalam memberikan layanan deteksi faktor resiko PGK khususnya yang berisiko tinggi tadi (khususnya Diabetes, darah tinggi).

Bagi yang sudah terlanjur terkena maka ikuti nasihat dokter termasuk berdisiplin dalam menjalankan pola hidup yang mendukung kesehatan tubuh. Pola hidup yang disesuaikan ini meliputi aspek istirahat tidur nyenyak, asupan makanan sesuai saran ahli gizi, aktivitas olahraga sesuai arahan dokter, menghindari stres/depresi berat, menghindari kebiasaan jelek seperti utamanya: merokok, minuman alkohol, jamu pegal linu, pemakaian obat-obatan tanpa sepengetahuan dokter.

Sedang bagi pihak lain yang berkompeten agar tetap selalu membantu mendorong gerakan sosialisasi kesegala lapisan masyarakat bahwa Gagal ginjal kronis yang sangat umum dan berbahaya ini sesungguhnya dapat dicegah dan diobati dengan relatif muda. Rasanya hal ini tidak lah sulit sekiranya kita terlibat gerakan bersama dalam mencegah gagal ginjal kronis demi mencapai sehat ginjal untuk semua. Yok ikut mengingatkan! (*/red)

 

*Guru Besar Faklutas Kedokteran Unair, pendiri rumahginjal.id

Source: http://www.tutwuri.id/2019/05/20/mengingat-sekelumit-gagal-ginjal-kronis/
Keywords:

pengalaman berobat ginjal di penang, biaya berobat di penang adventist hospital, berobat ke penang, biaya endoskopi di penang, biaya pengobatan ginjal di penang, biaya laser batu empedu di penang, berobat ke penang review, pengalaman medical check up di penang, biaya operasi kanker payudara di penang, dokter ginjal di adventist penang, dokter ginjal terbaik di malaka, rekomendasi dokter jantung di penang, dokter stroke terbaik di penang, dokter di penang, dokter mata di penang, dokter autoimun terbaik di penang, dokter tulang bagus di penang, hemodialisis, hemodialisis adalah, hemodialisis adalah pdf, efek samping hemodialisis, bagaimana metode hemodialisis dilakukan pada saat pengobatan gagal ginjal, prinsip hemodialisis atau cuci darah, dializer pada hemodialisis menggantikan fungsi ginjal bagian, penyebab hemodialisis, proses hemodialisis secara singkat, hemodialisis adalah pdf, penyebab hemodialisa, prinsip hemodialisis, dialisis peritoneal adalah, capd adalah, biaya hemodialisa, jurnal hemodialisa pdf, indikasi hemodialisa cito pdf, efek samping hemodialisis pdf, bisakah berhenti cuci darah, berapa lama cuci darah bisa bertahan, penyakit yang harus cuci darah, biaya cuci darah, hemodialisa, resiko telat cuci darah, penyebab gagal ginjal, untuk memperbaiki kualitas hidup para penderita gagal ginjal (anuria) dilakukan terapi, cara kerja hemodialisis, gagal ginjal terminal adalah, mengapa hormon antidiuretik memengaruhi produksi urine, dializer pada hemodialisis menggantikan fungsi ginjal bagian, prinsip dialisis, hemodialisa pdf, mekanisme hemodialisis secara singkat, resiko cuci darah, manfaat cuci darah, pengertian cuci darah, berapa lama proses cuci darah, proses hemodialisis, bagaimana metode hemodialisis dilakukan pada saat pengobatan gagal ginjal, penyebab gagal ginjal, transplantasi ginjal, capd adalah, penyebab gagal ginjal, resiko cuci darah, mekanisme hemodialisis secara singkat