Bagaimana Bisa Ginjal Merusak Tulang dan Jantung-Pembuluh Darah?


Tutwuri.id – Bagi kalangan umum adalah sangat wajar untuk tidak tahu akan adanya hubungan ginjal dan tulang. Demikian juga untuk para penderita, sama tidak pahamnya bahwa kegagalan ginjalnya sudah merusak kesehatan tulang dan pembuluh darahnya sedemikian jauh.

Itulah gambaran memprihatinkan dari persepsi awam terhadap pengetahuan ginjal dan tulang beserta keterkaitan satu sama lainnya. Sementara, sisi lain kehidupan telah banyak penderita gagal ginjal kronis dilaporkan mengalami risiko kematian berpuluh kali lipat dari ancaman serangan penyakit jantung pembuluh darah. Dan di antara mereka yang terkena, sesungguhnya faktor gangguan mineral tulang memperkuat terjadinya peningkatan kematian dari serangan penyakit jantung dan pembuluh darah tersebut. Ketika mengalami patah tulang dari sebab trauma yang ringan itu sesungguhnya menandakan survival rate dari mereka sangat rendah. Jika demikian, lantas bagaimana sebetulnya hal ini bisa dijelaskan.

Secara umum ginjal yang sehat tentu melakukan banyak fungsi kerja utamanya sesuai hukum alam. Beberapa di antaranya; menghilangkan limbah, mengeluarkan air yang tidak dibutuhkan tubuh, menjaga tekanan darah tetap normal, membantu membuat sel darah merah melalui hormon eritropoetin, dan membantu menjaga tulang tetap kuat dengan melalui hormon vitamin D bersama mineral lainnya.

Sedang untuk tulang, darinya punya tugas yang berfungsi mekanik dengan memberikan dukungan untuk penggerak dan memberikan perlindungan bagi organ-organ internal yang rentan, dan sebagai tempat penyimpanan kalsium dan fosfat dalam tubuh, serta menyediakan lingkungan untuk sumsum tulang dan pengembangan sel punca.

Tulang merupakan jaringan adaptif begitu dinamis dalam merespons tuntutan mekanik. Tulang sehat terus tumbuh dan membangun untuk perbaikan kembali dirinya (tulang), termasuk berlangsungnya proses mineralisasi yang membutuhkan kehadiran hormon vitamin D aktif, hormon paratiroid, pasokan kalsium, fosfat dari asupan makanan harian. Di sinilah peran ginjal tampak berperan penting dalam menjaga massa dan struktur tulang yang sehat dengan menyeimbangkan kadar fosfat dan kalsium dalam darah.

Ginjal sehat akan mengaktifkan bentuk vitamin D yang berasal dari asupan makanan harian dan sinar matahari, lalu mengubahnya menjadi vitamin D aktif yang di sebut kalsitriol. Kalsitriol ini digunakan untuk mempertahankan kadar kalsium darah dan meningkatkan pembentukan tulang. Ginjal juga menghilangkan fosfat yang sudah tidak dibutuhkan tubuh, membantu menyeimbangkan kadar fosfat dan kalsium dalam darah. Dengan demikian keterlibatan semua elemen akan membantu menjaga tulang yang kuat.

Kondisi semua itu dibutuhkan kehadiran hormon paratiroid yang diproduksi oleh Kelenjar paratiroid yang terletak di leher (melekat dekat hormon thyroid). Hormon paratiroid memainkan peran penting dalam mengendalikan kadar kalsium dalam darah bersama dengan Kalsitriol yang diproduksi oleh ginjal. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, hormon paratiroid sangat akftif sekali hingga memproduksi hormon partiroid dalam jumlah lebih, dengan maksud untuk memindahkan kalsium dari dalam tulang ke dalam darah hingga tulang rentan keropos.

Begitulah gambaran sekilas peran ginjal dalam menjaga kesehatan tulang.

Lalu bagaimana pengertian dari gagal ginjal kronis sendiri? Penyakit ginjal kronis adalah kerusakan ginjal yang terjadi lambat selama bertahun-tahun (kebanyakan karena diabetes atau tekanan darah tinggi). Dalam kondisi rusak, maka ginjal tidak dapat menjalankan berbagai fungsi utama, limbah menumpuk di tubuh dan muncul berbagai masalah lain yang tentu membahayakan kesehatannya, termasuk tubuhnya mengalami gangguan mineral dan tulang.

Bagaimana penyakit ginjal kronis bisa menyebabkan penyakit tulang, jantung dan pembuluh darah? Ketika terlalu banyak fungsi ginjal hilang maka:

Ginjal tidak bisa lagi menyaring fosfat, tidak bisa mengeluarkan fosfat dari tubuh ke dalam urin. Seiring berjalannya waktu, fosfat dari asupan makanan ini akan cenderung tertimbun hingga dapat menimbulkan kadar tinggi dalam darah tubuhnya. Dan pada saat yang sama ada gangguan kalsium darah. Jika sudah demikian tubuh tersebut mengalami ketidakseimbangan kadar kalsium dan fosfat dalam darah termasuk kadar hormon parathyroidnya. Ketidakseimbangan mineral ini akhirnya berdampak memengaruhi tulang, jantung, dan pembuluh darah (seperti: arteriosklerosis, kalsifikasi vaskular-suatu penulangan/pengapuran pembuluh darah). Sebetulnya gambaran semua tersebut mirip dengan proses penuaan alamiah pada populasi umum. Untuk mereka yang berpenyakit ginjal kronis maka tentu akan mengalami penuaan jauh lebih awal sebagaimana hal yang sama pun terjadi pada penyakit kronis umum lainnya seperti diabetes, penyakit inflamasi kronsi (seperti pada penyakit autoimun) dan penyakit jantung pembuluh darah (penyakit kardiovaskular kronis).

Ginjal yang sakit akan gagal mengubah vitamin D dari sinar matahari dan asupan makanan untuk menjadi vitamin D aktif yang dapat digunakan tubuh. Akibatnya tubuh mengalami kekurangan pasokan vitamin D aktif sehingga bisa menyebabkan kalsium dan fosfat menjadi tidak seimbang (lihat pada nomer 1).

Organ kelenjar paratiroid akan aktif sebagai respon dari gangguan yang ada pada nomer 1 dan nomer 2. Ketika kadar fosfat darah naik, Kalsium menurun, kadar vitamin D darah turun sebagai akibat rusak nya ginjal kronis, maka tubuh akan mengaktifkan Kadar PTH yang tinggi ini dan pada akhirnya menyebabkan kalsium bergerak dari tulang ke dalam darah sehingga menuju pada keseimbangan Kalsium dan fosfat. Saat banyak kalsium meninggalkan tulang, di sinilah kondisi tulang mulai menjadi lebih lemah, lebih rapuh, menjadi lebih keropos, dan lebih cenderung mudah patah. Beberapa kalsiumnya bahkan juga dapat berakhir mengendap di jantung dan pembuluh darah dengan melalui proses pengapuran aktif. Proses ini bisa disebut proses penulangan di luar tulang (kaslifikasi ekstraskeletal). Dan arahnya bisa ditebak bahwa ini pada akhirnya akan menyebabkan atau memperburuk penyakit jantung sendiri yang sering mengikuti proses gagal ginjal kronis jauh sebelumnya.

Secara klinis, kondisi demikian akan memberikan tanda dan gejala dari penyakit gangguan mineral dan tulang pada penyakit ginjal kronis. Adapun tanda dan gejala yang dialaminya sebagai berikut: kulit sering mengalami gatal-gatal, bekas kulit tergaruk, sering mengalami nyeri tulang walaupun tempat yang diduduki suatu sofa yang lentur, kondisi tulang yang mudah patah, pembuntuan pembuluh darah, mudah mengalami payah jantung, mudah mengalami kurang darah (anemia), saraf menjadi lebih sensitif terhadap persepsi nyeri, daya tahan imunitas menurun, sehingga kesulitan melawan kuman ketika ada serangan dalam tubuhnya. Setidaknya itulah yang tergambarkan.

Bagaimana mengenal gangguan mineral tulang pada penyakit ginjal kronis? Salah satunya diawali dengan mendapatkan riwayat medis. Mengambil riwayat medis dan keluarga adalah salah satu hal pertama yang dapat dilakukan untuk membantu mengenal gangguan mineral dan tulang pada gagal ginjal kronis, termasuk tentang kapan pertama kali sadar menderita gagal ginjal kronis dan apakah ada anggota keluarga yang juga menderita gangguan mineral dan tulang dengan atau tanpa penyakit ginjal kronis.

Berikutnya, penderita perlu menjalani pemeriksaan fisik dengan fokus pada keterkaitan dari gangguan mineral dan tulang pada gagal ginjal kronis. Selama pemeriksaan fisik, diutamakan untuk mengetahui perubahan struktur tulang, bekas garukan di kulit, tanda perubahan warna kulit di kaki (seperti gambaran ganggren).

Selanjutnya, penderita perlu menjalani tes darah. Tes ini meliputi kadar kalsium, fosfat, PTH, dan vitamin D, albumin, alkali fosfatase darah. Selain itu perlu melengkapi ekokardiogram jantung, pemeriksaan x-ray daerah perut yang dimaksudkan untuk melihat kalsium ekstra dalam pembuluh darah dan sejauh manakah ketidakseimbangan mineral ini telah mempengaruhi jantung dan pembuluh darah di daerah jantung dan perut.
Beberapa kasus membutuhkan perlakuan biopsi tulang. Biopsi tulang sendiri adalah sampel tulang (sepotong jaringan) yang diambil untuk pemeriksaan dengan bantuan alat mikroskop untuk mengidentifikasi sel-sel tulang. Di sini butuh bantuan teknik pencitraan seperti ultrasound atau pemindaian tomografi terkomputerisasi untuk memandu jarum biopsi ke tulang pinggul yang jadi targetnya.

Lantas bagaimana mengobati gangguan mineral dan tulang? Mengelola gangguan mineral dan tulang pada gagal ginjal kronis termasuk mencegah kerusakan tulang dengan mengendalikan kadar hormon paratiroid melalui perubahan dalam makan (formula diet terarah); obat-obatan dan suplemen; dan cuci darah atau cangkok ginjal sesuai indikasi. Selain itu perlu mempertimbangkan faktor-faktor risiko utama (misalnya, berhenti merokok dan mengendalikan berat badan dan tekanan darah, mengendalikan kadar glukosa dan kolesterol).

Secara lebih khusus pada kebanyakan penderita dengan penyakit ginjal kronis memerlukan penyesuaian diet rendah fosfat. Disarankan (oleh ahli gizi ginjal) untuk mengurangi asupan fosfat dalam makanan. Ingat sebagian besar makanan mengandung fosfat. Namun, makanan olahan dan kemasan dilaporkan mengandung fosfat yang tinggi sebagai konsekuensi dari proses pengawetan dari makanan itu sendiri. Untuk itu pasien harus menghindari makanan kemasan yang mengandung tinggi bahan-bahan fosfat. Perlu juga memperhatikan beberapa minuman dan makanan alami yang juga mengandung fosfat dalam jumlah tinggi, termasuk Bir, keju, biji cokelat, soda, kacang kering, susu, selai kacang, kacang polong. Selain itu dokter akan memberikan obat pengikat fosfat dengan maksud agar kadar fosfat darah tetap terkendali.

Dalam konteks Vitamin D, penderita sangat membutuhkan vitamin D aktif sesuai resep Dokter. Bila dipandang perlu, dokter akan mengombinasi dengan Calcimimetics (suatu obat yang sering digunakan ketika kadar PTH darah, kalsium dan fosfat terlalu tinggi). Pemakaian suplemen kalsium dipertimbangkan oleh dokter ketika kadar calsium darah menunjukkan kisaran kurang dari 8,8 mg/dl dengan asumsi kadar albumin-nya dalam kisaran normal.

Jika perawatan semua ini tidak dapat mengendalikan kadar hormon paratiroid, dokter dapat mempertimbangkan pengangkatan kelenjar paratiroid-nya melalui pembedahan yang disebut paratiroidektomi. Dengan mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar paratiroid diharapkan kadar PTH terkendali dalam kisaran normal.

Olahraga dimungkinkan dalam level latihan penguatan dan menahan beban sesuai kekuatannya. Maka dari itu dokter akan memandunya sebelum pasien memulai program olahraga.
Dengan demikian, tampak bahwa sungguh begitu rumitnya dalam menjelaskan bagaimana bisa ginjal merusak tulang dan jantung-pembuluh darah? Apalagi menyangkut pengobatannya? Betapa sangat sulitnya hal tersebut di respons. Kalau sudah demikian, bagaimana pendapat Anda? (*/red)

 

Source: http://www.tutwuri.id/2019/04/20/bagaimana-bisa-ginjal-merusak-tulang-dan-jantung-pembuluh-darah/
Keywords:

rumah sakit ginjal terbaik di jakarta, dokter ginjal terbaik di malaka, dokter gastro terbaik di penang, dokter spesialis ginjal di jakarta barat, dr ginjal di pik, dokter spesialis nefrologi di jakarta, jakarta kidney center, dokter penyakit dalam terbaik di jakarta, dokter spesialis ginjal anak di jakarta, biaya berobat di penang adventist hospital, pengalaman medical check up di penang, biaya endoskopi di penang, berobat ke penang review, dokter tht di penang yang bagus, dr oh kim soon review, biaya operasi di penang, biaya laparoskopi di penang, dokter parkinson di penang, dokter ginjal terbaik di indonesia, biaya transplantasi ginjal di penang, dokter urologi terbaik di penang, dokter mata di penang, prof dato dr oh kim soon review, island hospital penang, island hospital maternity package, dr soon su seong review, dokter spesialis tulang belakang di penang, island hospital cardiologist, island hospital dr dan, jadwal praktek dokter island hospital penang, island hospital penang review, island hospital penang career, island hospital penang room rate, island hospital penang dr chow, island hospital penang psychiatrist, ent specialist in island hospital penang, island hospital penang urologist, dokter ginjal terbaik di penang, dr jose roesma, gelar dokter spesialis ginjal, nama dokter spesialis ginjal di medan, dokter internis terbaik di jakarta, dokter jantung terbaik di jakarta, dokter mata di island hospital penang, pengalaman berobat di island hospital penang, dokter mata di gleneagles penang, pengobatan osteoarthritis di penang, pengalaman berobat ginjal di penang, dokter di penang, rs adventist di penang, dokter internis terbaik di penang, dokter liver terbaik di penang, berobat asam lambung di penang, dokter spesialis gastro yang bagus, dokter gastro di singapore, dokter tulang di adventist penang, dokter pencernaan di medan, dokter gastro terbaik di indonesia, rekomendasi dokter spesialis penyakit dalam di jakarta, dokter spesialis hati terbaik di jakarta, dokter spesialis ginjal di surabaya, dokter spesialis ginjal di rscm, dr adenan irianto, dokter ginjal terbaik di jakarta, dr internis rs pik, dr adenan ginjal, rs pik jakarta utara, jam besuk rs pik, dokter endokrin di rs pik, dr syaraf di rs pik, dokter internis terbaik di jakarta barat, dokter spesialis ginjal terbaik di jakarta, dokter spesialis penyakit dalam, dokter internist terbaik di jakarta utara, dokter spesialis penyakit dalam terdekat, dokter penyakit dalam yang bagus di bogor, dokter spesialis penyakit dalam rscm, dokter spesialis penyakit dalam di bandung, dokter ginjal yang bagus di jakarta, dokter spesialis liver di jakarta, dokter spesialis penyakit dalam di jakarta pusat, dokter spesialis penyakit dalam di jakarta timur, dokter internist di jakarta barat, dokter spesialis asam urat di jakarta, internis jakarta selatan, konsultasi dokter penyakit dalam, rumah sakit ginjal di penang malaysia, dokter ginjal terbaik di indonesia, rumah sakit khusus ginjal di surabaya, rumah sakit ginjal di medan, rumah sakit ginjal terbaik di indonesia, dokter urologi terbaik di penang, sakit ginjal berobat ke penang, biaya transplantasi ginjal di penang, dokter spesialis ginjal di adventist penang, rumah sakit khusus ginjal, dokter spesialis ginjal terbaik di medan, pengobatan gagal ginjal di malaka, rumah sakit ginjal terbaik di jakarta, pengalaman sembuh dari gagal ginjal, komunitas gagal ginjal, berapa lama penderita gagal ginjal bisa bertahan hidup, divonis gagal ginjal, obat menghentikan cuci darah, dokter urologi di lam wah ee penang, dokter ginjal terbaik di penang, dr urologi di island hospital, dr liong meninggal, biaya berobat urologi, dokter urologi lam wah ee, dokter andrologi di penang, jadwal praktek dokter island hospital penang, biaya operasi batu ginjal di penang, dokter urologi terbaik di penang, biaya transplantasi ginjal di penang, berobat asam lambung di penang, dokter spesialis ginjal di adventist penang, pengobatan gagal ginjal di malaka, dokter spesialis ginjal terbaik di medan, dokter ginjal terbaik di penang, pengalaman transplantasi ginjal di china, donor ginjal malaysia, biaya transplantasi ginjal di malaysia, testimoni orang cangkok ginjal, mencari pembeli ginjal 2018, dokter ginjal terbaik di penang, daftar dokter di rs adventist penang, dokter saraf di adventist penang, dokter ginjal terbaik di indonesia, adventist hospital penang, dokter mata adventist penang, dokter urologi terbaik di penang, jadwal praktek dokter rs habibie, rs khusus ginjal ny. r.a. habibie kota bandung, jawa barat, loker rs habibie bandung, alamat rs bj habibie bandung, pelatihan hemodialisa rs habibie bandung, rumah sakit yang membutuhkan ginjal, profesor ahli ginjal, alamat rumah sakit habibie bandung, nama dokter spesialis ginjal di medan, dokter spesialis ginjal yang bagus, dokter spesialis ginjal di bekasi, dokter spesialis ginjal di solo, dokter spesialis ginjal di makassar, alamat praktek prof harun rasyid, dokter spesialis ginjal terbaik di tangerang, konsultasi dokter spesialis ginjal, dokter ginjal terbaik di penang, dokter ginjal terbaik di indonesia, daftar nama dokter di rumah sakit mahkota melaka, dokter ginjal terbaik di malaka, biaya transplantasi ginjal di penang, berobat asam lambung di penang, dokter urologi terbaik di penang, sakit ginjal berobat ke penang, dokter spesialis ginjal di bekasi, dokter spesialis ginjal di rscm, dokter spesialis ginjal di medan, dokter spesialis ginjal di solo, ahli nefrologi di sekitar saya, dokter spesialis ginjal di surabaya, dokter spesialis ginjal terbaik di tangerang, gelar dokter spesialis ginjal, transplantasi ginjal di surabaya, klinik ginjal, dr pranawa ahli ginjal surabaya, daftar rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal, rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018, rumah ginjal, donor ginjal di surabaya, pengobatan gagal ginjal tanpa cuci darah, komunitas donor ginjal, pasien gagal ginjal yang sembuh, penyebab kematian pada pasien gagal ginjal, kisah nyata penderita gagal ginjal, gagal ginjal stadium 5, pengertian gagal ginjal, testimoni penderita gagal ginjal yang sembuh, obat menghentikan cuci darah, obat gagal ginjal tradisional yg ampuh, obat herbal gagal ginjal stadium 5, kumpulan obat cuci darah tradisional, cuci darah alami dengan seledri, sembuh dari gagal ginjal tanpa cuci darah, gagal ginjal cuci darah sembuh, resiko cuci darah, cara berhenti cuci darah, kumpulan obat cuci darah tradisional, artikel sembuh dari cuci darah, biaya cuci darah, berapa lama cuci darah bisa bertahan, penyakit yang harus cuci darah, cuci darah alami, dokter spesialis ginjal terbaik, dokter spesialis ginjal di rs cikini, rscm donor ginjal, dokter spesialis penyakit dalam rscm, pencegahan gagal ginjal, pengobatan gagal ginjal akut, terapi farmakologi gagal ginjal kronik, obat ginjal tradisional ampuh, sembuh dari gagal ginjal tanpa cuci darah, cara berhenti cuci darah, pengalaman sembuh dari gagal ginjal, cara sembuh dari gagal ginjal, tepung talbinah untuk gagal ginjal, berapa lama penderita gagal ginjal bisa bertahan hidup, divonis gagal ginjal, perawatan gagal ginjal kronis, komunitas gagal ginjal, doa gagal ginjal, gagal ginjal stadium 5 bisa sembuh, sembuh gagal ginjal dengan ikan gabus, obat tradisional gagal ginjal stadium 5, harapan sembuh gagal ginjal, berapa lama orang bisa bertahan hidup dengan cuci darah, gagal ginjal stadium 5 bertahan berapa lama, gagal ginjal stadium 5 bisa sembuh, kisah nyata penderita gagal ginjal, testimoni penderita gagal ginjal yang sembuh, gagal ginjal stadium 3 bisa sembuh, kisah inspiratif penderita gagal ginjal, bisakah gagal ginjal kronis disembuhkan, apakah gagal ginjal akut bisa sembuh, klinik ginjal lestari, hemodialisis, setiap berapa lama periode waktu cuci darah dilakukan, dokter ginjal terbaik di semarang, terapi gagal ginjal, ahli ginjal, dokter spesialis ginjal di rscm, tempat praktek dr pranawa surabaya, alamat praktek dokter pranawa surabaya, dokter spesialis ginjal yang bagus, dr ahli penyakit dalam di surabaya, rkz surabaya, dokter spesialis penyakit dalam surabaya, rumah sakit spesialis penyakit dalam di surabaya, dokter spesialis hipertensi di surabaya, rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018, rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2019, iklan butuh donor ginjal 2018, rumah sakit pembeli ginjal, lowongan donor ginjal, orang kaya yang butuh ginjal, komunitas donor ginjal, dibutuhkan donor ginjal 2018, iklan butuh donor ginjal 2018, pencari donor ginjal 2018, dibutuhkan donor ginjal 2018, orang kaya yang butuh ginjal 2018, orang yang membutuhkan donor ginjal, pencari donor ginjal 2018, dibutuhkan donor ginjal 2019, rscm donor ginjal, syarat menjual ginjal, rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018, nama dokter spesialis ginjal di medan, konsultasi dokter spesialis ginjal, dokter spesialis ginjal di rscm, dokter spesialis ginjal di bekasi, dokter spesialis ginjal di surabaya