Saya Nyeri Sendi, Apakah Asam Urat Saya Tinggi?


"Saya nyeri sendi. Apakah asam urat saya tinggi?"

Rumah Ginjal - Pertanyaan ini sering terlintas oleh setiap individu di Indonesia, khususnya kelompok usia 30 tahun ke atas. Nampaknya, hal ini merupakan problematika yang sudah turun-temurun. Jika nyeri sendi pasti asam urat yang tinggi.

Apakah dengan keadaan ini lantas membuat sebagian orang untuk pergi ke dokter? Jawabnya, "tidak semua", mereka lebih memilih pergi ke apotek untuk membeli obat penurun asam urat, tanpa mengetahui apakah benar nyeri sendinya terkait asam urat.
Selain itu tidak sedikit teman, keluarga, atau tetangga yang menyarankan untuk membeli obat tertentu atau obat asam urat tanpa konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Hal ini bisa fatal!

Sebelum jauh membahas kesitu kita perlu tahu apakah asam urat itu.

 

Apa itu asam urat?

Asam urat adalah senyawa biokimia hasil pemecahan purin di dalam tubuh. Purin sendiri secara normal memang diproduksi tubuh dan ada sumber purin lainnya berasal dari makanan. Makanan yang mengandung purin dengan jumlah yang tinggi adalah hati, makarel, makanan kaleng, bir, dan daging merah.

 

Bagaimana proses terjadinya asam urat yang tinggi pada tubuh?

Proses ini bisa terjadi karena terlalu banyak memakan makanan tinggi purin, terlalu gemuk, mempunyai diabetes, minum alkohol terlalu banyak dan beberapa obat diuretik. Selain itu terjadinya gangguan ginjal juga sering menyebabkan tingginya kandungan asam urat dalam darah, hal ini terjadi karena asam urat dibuang oleh tubuh melalui ginjal, jika terjadi kerusakan ginjal maka tidak dapat dibuang sehingga menumpuk dalam tubuh.

 

Bagaimana asam urat menyebabkan nyeri sendi?

Jika kandungan asam urat dalam tubuh tinggi, maka sebagian besar kristal asam urat akan mengendap pada sendi dan jaringan di sekitarnya seperti kartilago, tendon, tulang. Hal ini akan menyebabkan radang pada tempat terjadinya pengendapan. Proses inilah yang menyebabkan nyeri dan panas pada sendi sendi tersebut.

 

Apakah semua nyeri sendi pasti asam urat?

Nyeri sendi sendiri spektrum penyakitnya ada banyak dan luas, jadi tidak benar bahwa nyeri sendi pasti asam uratnya tinggi. Nyeri sendi bisa terkait rematik, spondiloarthopati, osteoartritis, tendinitis, bursitis dan masih banyak lagi. Jadi sebaiknya periksakan diri ke dokter dan jangan membeli obat diluar resep dokter.

 

Apa bahaya konsumsi obat penurun asam urat sembarangan?

Allopurinol adalah obat yang sering dibeli oleh sebagian masyarakat secara sembarangan. Allopurinol jika dikonsumsi tanpa sepengetahuan dokter atau resep dokter mudah timbul bahaya alergi obat yang dapat mengancam jiwa, alergi pada kulit seperti kemerahan, gangguan pada liver, mual, muntah dll.

 

Jadi sebaiknya segala sesuatu yang berhubungan dengan penyakit konsultasikan kepada dokter pribadi Anda. Jangan sampai merasa sok tahu dan benar, sehingga berdampak pada Anda dan kemudian mengorbankan diri sendiri, keluarga, dan teman Anda dalam memberikan saran tanpa berdasar ilmu pengetahuan. []

 

Sumber gambar: tribunnews.com