Akrabilah Info Ginjal ini


Rumah Ginjal - Tahukah Anda bahwa penyakit ginjal yang ditakutkan banyak orang sesungguhnya mudah dicegah dan dikendalikan. Penyakit yang dikelompokkan sebagai penyakit tidak menular ini hingga sekarang telah mempengaruhi sekitar 850 juta orang di seluruh dunia. Angka ini masih mungkin jauh lebih tinggi lagi. Hal ini karena penyakit ini tergolong tidak bergejala pada awal serangan sehingga wajar kalau tidak terlaporkan. 

Secara proporsional dilaporkan ada satu dari sepuluh orang dewasa mengalami penyakit ginjal kronis. Dengan proporsi sebesar ini, penyakit ginjal dapat diproyeksikan akan menjadi penyakit ginjal kronis sebagai penyakit paling umum ke-5 secara global pada tahun 2040.

Dari sisi beban kehidupan global, penyakit ginjal sangat membutuhkan perawatan yang tidak ringan. Semakin berat penyakit ini, maka akan semakin memperbesar bebannya, baik beban dari sisi ekonomi namun juga non material. Sehingga wajar semakin berat, maka akan semakin membebani keluarga dan negara. Apalagi penyakit ginjal kronis semakin hari semakin meningkat dengan demikian bebannya linier dengan peningkatan kejadian dari penyakit itu sendiri. Saking besarnya beban, menjadikan penyakit ini menempati  penyebab utama pengeluaran kesehatan yang sangat besar. Hal ini bisa dilihat dari laporan tentang biaya penanganan gagal ginjal stadium akhir (seperti cuci darah dan transplantasi). Disebutkan dalam sebuah penelitian, penyakit ginjal ini telah menghabiskan 2-3% dari anggaran perawatan kesehatan tahunan di negara-negara industri.

Sedangkan di Indonesia, berdasarkan data BPJS 2006, penyakit ginjal menyedot 2,59 triliun rupiah, setelah penyakit jantung yang menyedot anggaran 7,48 triliun. Padahal, penyakit ginjal ini sejatinya dapat dicegah dan perkembangannya untuk menjadi penyakit ginjal tahap akhir pun dapat ditunda melalui perawatan dan penanganan yang tepat dengan didukung oleh akses yang tepat terhadap diagnostik dasar dan perawatan dini. Maka dari itu, dengan lebih dini mencegah dari Gaga ginjal akan dapat meminimalisir prevalensi dari gagal ginjal kronis. Alhasil beban dari konsekuensi yg diakibatkan dari gagal ginjal bisa diturunkan.  Apalagi jika ada gerakan sadar ginjal sehat dari semua pihak. []

Bagaimana merawat ginjal? Simak beberapa artikel berikut:

 

Source:
Keywords: