Ginjal Ajaib: Merawat Jauh Lebih Baik dari Memperbaiki Ketika Terganggu


Mencegah tetap lebih baik dari pada memperbaiki, suatu kata bijak yang sejak dulu senantiasa dipesankan dalam pitutur untuk melangkah pada aktivitas kehidupan, tak terkecuali juga dalam merawat fungsi organ ginjal. Ginjal yang berfungsi sangat baik dalam menopang kehidupan metabolisme tubuh sudah semestinya dijaga dan dirawat dengan baik. Dokter siapapun di mana saja tidak akan bisa mengembalikan fungsi ginjal ke aslinya ketika sudah mengalami kerusakan. Dalam kondisi ini, di antaranya telah muncul hipertensi, malnutrisi, anemia, penyakit gangguan tulang terkait gangguan ginjal kronis, gangguan mineral dan elektrolit, potensi penyakit jantung pembuluh darah, potensi penyakit stroke, kondisi inflamasi kronis dan masih banyak gangguan lainnya. Hal ini semua bisa terjadi karena terkait 6 fungsi utama dari organ ginjal yang sekepal genggaman tangan demikian ajaib keberadaannya. Maka dari itu, sebelum kondisi kerusakan itu terjadi, maka perawatan dan menjaga kebugaran ginjal menjadi tidak tertawarkan lagi.

Adapun cara merawat kebugaran ginjal sebetulnya tidak terlalu sulit ketika kita semua disipilin menjaga kehidupan harian kita dalam titik kesimbangan yang harmonis yaitu antara keseimbangan kesehatan fisik dan kesehatan mental-spiritual dengan dukungan kesehatan sosial dan intelektual.

Dalam hal disiplin merawat kesehatan fisik, secara aktif untuk menjalankan skrining faktor risiko terjadinya gagal ginjal kronis. Adapun faktor risiko utamanya yang sering terjadi pada kehidupan harian di antaranya kondisi hipertensi, diabetes, batu ginjal, kebiasaan minum obat pegal linu, over eating terutama tinggi kalori dan protein. Pengembangan strategi yang mencakup skrining teresbut perlu jadi target perhatian setiap individu utamanya kelompok dewasa. Cara-cara ini sederhana namun dapat berpotensi mengurangi biaya perawatan ginjal. Studi ekonomi kesehatan telah menunjukkan pengurangan biaya dengan langkah-langkah pencegahan sederhana ini. Program untuk skrining penyakit ginjal telah terbukti semakin  efektif dalam mengurangi biaya terutama pada populasi berisiko tinggi. Semua yang dicontohkan tersebut masuk dalam kelompok pencegahan primer melalui proses memodifikasi faktor risiko sebagaimana yang disebut tadi, yaitu suatu kondisi yang mengarah ke risiko terjadinya penyakit ginjal kronis.

Pola tersebut dalam keseharian dikenal dalam pola gaya hidup. Dan proses ketika masuk dalam perbaikan dari gangguan penyakit ginjal kronis dikenal dengan isitlah perubahan gaya hidup menuju ginjal sehat, yaitu suatu strategi yang paling efektif dengan upaya minimal untuk sebagian besar penyakit kronis. Mengatasi faktor-faktor ini dapat memiliki dampak besar dalam menekan kejadian gagal ginjal kronis.

Demikian beberapa tip sederhana dalam menyayangi ginjal ajaib kita agar tidak menyesal di kemudian hari. Sungguh sangat pedih dan prihatin ketika kejadian ini ada di tengah keluarga, sahabat karib kita atau pada masyarakat kita. Maka dari itu gerakan sayangi ginjal perlu disosialisasikan utamanya pada kelompok yang belum menyadari pentingnya merawat ginjal ajaib kita ini. Semoga kita merupakan bagian dari pihak pejuang dalam gerakan penyayang ginjal komunal. Salam sehat penuh ridho ILAHI, amien 3x

Source:
  • Tags:
Keywords: