Kolesterol dan Hipertensi


Meskipun keberadaannya tidak berefek langsung pada tekanan darah Anda, tingginya kolesterol darah meningkatkan terjadinya kemungkinan penyakit jantung dengan melalui suatu proses biokimis tertentu. 

Berbagai laporan telah menyebutkan bahwa ada Lebih dari 50% masyarakat dengan hipertensi juga mempunyai peningkatan kolesterol darah. Kombinasi keduanya meningkatkan risiko penyakit jantung lima kali lipat.

Maka dari itu, Mengendalikan kadar kolesterol adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan Anda.

Adapun  langkah-langkah dalam  mengatur kadar kolesterol adalah sebagai berikut:

  1. Kurangi asupan lemak total dengan menghindari makanan tinggi lemak, utamanya yang digoreng.
  2. Batasi penggunaan minyak, margarin, mentega, saus salad, saus daging, dan saus.
  3. Batasi lemak yang tersembunyi dalam produk yang dibakar, makanan siap saji
  4. Kurangi asupan lemak jenuh dari produk hewani seperti daging, mentega, susu terhomogenisasi, dan keju.
  5. Gunakan lemak tak jenuh ganda, seperti: minyak jagung, safflower atau minyak kedelai.
  6. Gunakan lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun, atau kacang.
  7. Batasi makanan tinggi kolesterol seperti daging, daging tebal, produk susu tinggi lemak, kuning telur, mentega, dan udang.
  8. Capailah berat badan ideal.
  9. Lakukan olahraga teratur.
  10. Tingkatkan konsumsi serat, khususnya makanan tinggi serat, seperti kacang polong kering, kacang kacang, buah, dan sayuran (seperti buncis), serta produk biji-bijian []
Source:
Keywords:



Comments