Mengendalikan Garam lewat Asupan Kalium


Sebagaimana penjelasan sebelum ini tentang pembatasan garam untuk mengatasi hipertensi, garam yang mengandung Na (Natrium) sebagai simbol utama, di samping punya fungsi utama dalam sel tubuh juga sangatlah berpotensi, namun pada sisi merugikan ketika tidak proporsional (baik yang kekurangan maupun kelebihan). Maka dari itu, prinsip keseimbangan terkait Na di dalam mesin tubuh menjadi hal utama. Di sini dibutuhkan mesin tubuh yang tetap sehat. Agar kontinuitasnya terjamin, maka kita yang punya tubuh perlu berperilaku hidup sehat salah satunya menjaga diet makanan yang sehat. Pada Masyarakat yang memiliki budaya mengkonsumsi makanan kaya kalium, umumnya mempunyai kejadian hipertensi cukup rendah. Karena kalium membantu menyeimbangkan jumlah natrium dalam tubuh.

Jika makanan kurang mengandung kalium atau tubuh tidak dapat menyimpannya dalam jumlah cukup, natrium akan menumpuk sehingga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Kombinasi diet antara potasium (kalium) yang lebih tinggi dan asupan garam rendah adalah baik untuk menghindari risiko hipertensi. Kombinasi tersebut cenderung didapatkan pada sebagian besar makanan segar.

Diet kaya potasium khususnya penting untuk orang yang meminum pil air (obat diuretik) untuk hipertensinya sebagai antisipasi dari efek pil ini yang cenderung menguras kalium tubuh.

Namun, diet ini tidak diperbolehkan pada orang yang mempunyai penyakit ginjal karena membahayakan jiwa sebagai akibat hiperkalemia (kalium darah tinggi) yang bisa menghentikan denyut jantung. Untuk itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.


Untuk memperbanyak asupan kalium didapatkan dengan terlebih dahulu mempersiapkan makanan dengan cara sebagai berikut:

  1. Masaklah bahan makanan dan sayur dengan sedikit air agar lepasnya potasium dari bahan makanan tersebut dapat terkurangi.
  2. Potonglah bahan makanan dan sayur dalam skala besar saat merebus
  3. Memasaknya tepat sebelum lunak sudah di akhiri.
  4. Simpan air memasak tersebut untuk digunakan dalam sup atau rebusan.
  5. Kukuslah atau pangganglah sayurnya, atau gunakan oven microwave.

 

Efek tambahan dari kombinasi ini juga bermanfaat untuk membantu penurunan berat badan melalui kandungan di dalamnya yang rendah kalori.

 

Sumber: Membonsai Hipertensi 
Sumber Gambar: jovee.id