Menunda Minum Bisa Fatal


Coba pikirkan, di belahan dunia manakah ada makhluk hidup yang tidak membutuhkan air? Kalau toh ada, sesungguhnya makhluk tersebut sudah menyiapkan sebelumnya di tempat khusus di tubuhnya agar tidak dehidrasi. Begitu pula dengan makhluk ciptaan Allah yang paling mulia, yaitu manusia. Berdasarkan literatur, tubuh kita mengandung sekitar 60-70% air dan setiap bagian dari tubuh ini tidak akan bisa di lepaskan dari zat yang disebut air. Dengan demikian tubuh membutuhkannya agar bisa berfungsi dengan baik.

Mana kala volume air tubuh menurun, maka tubuh menderita dehidrasi hingga sirkulasi darah terganggu, sistem pengiriman inipun lebih sulit untuk bekerja. Dehidrasi ringan dapat membuat tubuh merasa lelah, dan dapat merusak fungsi tubuh normal. Jika ini berlanjut menjadi dehidrasi parah maka dapat menyebabkan kerusakan sel tubuh terutama organ ginjal. 

Begitu sedemikian penting nya air dalam tubuh kita, maka menjadi sedemikian pentingnya pula minum yang cukup dalam menjaga kesehatan tubuh terutama kesehatan ginjal kita. Mengingat pentingnya peran air dalam kesehatan tubuh, berikut ini adalah 7 tips panduan minum air ala RUMAH GINJAL untuk menjaga kesehatan ginjal:  

  1. Setiap orang sehat membutuhkan 2 liter sehari. Buatlah jadwal harian untuk 8 kali minum tiap harinya. Minumlah saat bangun tidur, sarapan, sebelum beraktivitas, dua jam setelah beraktivitas, makan siang, dua jam setelah makan siang, makan malam, dan sebelum tidur.
  2. Minumlah 300 cc air atau satu gelas tiap kali minum. Sebagai patokan yaitu dua gelas air minum dalam kemasan (150 cc) atau setengah botol air minum dalam kemasan (600 cc).
  3. Sediakan tempat minum/gelas khusus untuk anda didaerah yang mudah dijangkau di tempat kerja, kendaraan, dan tempat istirahat.
  4. Segera isilah kembali tempat minum anda ketika selesai minum, sebab gelas yang kosong akan membuat anda malas mengambil air ketika haus.
  5. Hindari minum-minuman perperisa atau soda, dan budayakan minum air putih biasa.
  6. Waspadai bila mengalami batu ginjal dan infeksi saluran kemih berulang, karena keduanya merupakan dua kondisi medik yang dapat merusak ginjal. Segera konsultasikan ke dokter.
  7. Selalu berkonsultasi dengan dokter anda terlebih dahulu, terutama jika Anda mengalami penyakit tertentu yang mengharuskan pembatasan cairan.

Tampak begitu sederhana untuk dilakukan namun akan berakibat fatal jika terlupakan. Maka tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa dengan minum air secara bijak membawa hadiah yaitu ginjal sehat. 

 

Prof dr. Djoko Santoso,
Guru besar FK Unair, Pendiri rumah ginjal

 

 

Sumber gambar: https://health.kompas.com/image/2020/11/18/101000568/12-akibat-kurang-minum-air-putih-yang-tak-boleh-disepelekan?page=1 

Source:
Keywords:



Comments