Urinary Tract Infection


Rumah Ginjal - PENDAHULUAN

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan penyakit yang paling umum dijumpai dalam praktek kedokteran. Sekitar 20 – 40% wanita usia 20 – 40 tahun di Amerika Serikat mengalami ISK. ISK terjadi pada lebih dari 6 juta kunjungan ke praktik dokter per tahun di Amerika Serikat, seperlimanya merupakan kunjungan ke unit gawat darurat. Di Amerika, keadaan ini menyebabkan sekitar tujuh juta orang berkunjung ke dokter dan sekitar satu juta harus menjalani rawat inap tiap tahun. Sebagian besar kunjungan disebabkan oleh sistitis akut, sedangkan pyelonefritis akut dan abses perinefrik menempati porsi yang lebih kecil (Foxman, 2002).

ISK akut tanpa komplikasi pada orang dewasa meliputi episode sistitis akut dan pyelonefitis akut yang terjadi pada individu yang sehat. ISK tanpa komplikasi kebanyakan terjadi pada wanita tanpa faktor risiko tertentu, seperti tanpa abnormalits fungsi saluran kemih dan ginjal, dan tanpa adanya penyakit yang meningkatkan risiko infeksi. ISK tanpa komplikasi merupakan infeksi sangat sering terjadi. Pada wanita usia antara 20 – 40 tahun terdapat kejadian ISK sebesar sekitar 25 – 35% (Foxman, 2002; Mazulli, 2002).

Pada infeksi akut, biasanya ditemukan hanya satu jenis kuman, sedangkan pada kondisi kronis biasanya lebih banyak jenis kuman yang ditemukan. Bakteri koliform (paling umum Escherisia coli) merupakan kuman yang paling sering menyebabkan ISK non-nosokomial. Bakteri jenis ini biasanya sensitif terhadap berbagai preparat antibiotika oral yang ada. Sedangkan infeksi nosokomial seringkali disebabkan oleh kuman yang lebih resisten dan memerlukan antibiotika parenteral. Infeksi pada ginjal merupakan hal yang patut diperhatikan, karena bila tidak ditangani dengan baik maka kerusakan fungsi ginjal dapat terjadi (Finer et al, 2004).

Berikut akan disampaikan tentang diagnosis dan tata laksana terkini ISK.

Sumber: Pendidikan Dokter Berkelanjutan XXVI 2011 - Ilmu Penyakit Dalam

Source:
Keywords:

rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; harga ginjal di rumah sakit; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit ginjal di penang malaysia; mencari pembeli ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; dokter ginjal terbaik di penang; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2017; orang yang membutuhkan donor ginjal; lowongan donor ginjal; harga ginjal di rumah sakit; rumah sakit yang membutuhkan ginjal; cara menjual ginjal di rumah sakit; harga ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; komunitas jual beli ginjal; jual beli ginjal online 2018; harga ginjal 2017 di indonesia; calo jual beli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; dibutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; orang yang membutuhkan donor ginjal; calon pembeli ginjal 2018; pencari donor ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal; biaya operasi batu ginjal di penang; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter ginjal terbaik di malaka; rumah sakit di malaysia; rumah sakit terbaik di malaysia; calon pembeli ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; cara menjual ginjal dengan cepat 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; butuh ginjal cepat; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter spesialis ginjal di singapura; biaya transplantasi ginjal di penang; biaya laser batu ginjal di penang; dokter urologi di island hospital penang; pengalaman berobat ginjal di penang; dokter lambung terbaik di penang