Hemodialisis Tak Sebagus CAPD


Selain Continuous Ambulatory Peritoneal Dyalisis (CAPD) alias cuci darah mandiri, ada alternatif lain yang bisa dipilih penderita gagal ginjal. Penderita dapat menjalani cuci darah dengan bantuan mesin. Proses cuci darah yang lazim disebut hemodialisis ini harus dilakukan di rumah sakit.

“Darah penderita dialirkan ke mesin yang berfungsi sebagai ginjal buatan,” kata dr Djoko Santoso SpPD K-GH PhD, ahli ginjal dan hipertensi, dalam talkshow Hidup Produktif dengan Ginjal Sehat di radio JJFM, Kamis (29/11). Di dalam dializer, darah dipisahkan dengan non-darah, termasuk racun. Racun dimasukkan ke cairan pencuci, sedangkan darah dimasukkan lagi ke dalam tubuh.            

Dibandingkan hemodialisis, lanjutnya, cuci darah mandiri sebenarnya lebih halus. Cuci darah yang bisa dilakukan di luar rumah sakit itu memberikan hasil yang lebih optimal ketimbang cuci darah dengan mesin.            

“Bagaimanapun ciptaan Tuhan (rongga perut untuk cuci darah mandiri, red.) lebih bagus daripada cuci darah menggunakan buatan manusia (mesin pencuci darah, red.),” tegas dr Djoko.            

Kelebihan hemodialisis, kemungkinan terjadinya infeksi bisa diminimalkan. Penderita tinggal berbaring dan tahu beres. Kendati demikian, karena sebelum cuci darah di tubuh penderita terjadi penumpukan racun, penderita biasanya merasa lemas dan mual.            

Apabila terjadi ketidaksesuaian antara mesin pompa dan kerja jantung, hemodialisis dapat mengganggu kualitas jantung. Seringnya dilakukan penusukan pembuluh arteri dan vena saat hemodialisis berpotensi menyebabkan terjadinya kekakuan otot, rentan transmisi virus, dan infeksi. (lee) 

Sumber : 
https://jjfm.wordpress.com/2007/12/11/hemodialisis-tak-sebagus-capd/

Source:
Keywords:

rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; harga ginjal di rumah sakit; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit ginjal di penang malaysia; mencari pembeli ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; dokter ginjal terbaik di penang; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2017; orang yang membutuhkan donor ginjal; lowongan donor ginjal; harga ginjal di rumah sakit; rumah sakit yang membutuhkan ginjal; cara menjual ginjal di rumah sakit; harga ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; komunitas jual beli ginjal; jual beli ginjal online 2018; harga ginjal 2017 di indonesia; calo jual beli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; dibutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; orang yang membutuhkan donor ginjal; calon pembeli ginjal 2018; pencari donor ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal; biaya operasi batu ginjal di penang; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter ginjal terbaik di malaka; rumah sakit di malaysia; rumah sakit terbaik di malaysia; calon pembeli ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; cara menjual ginjal dengan cepat 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; butuh ginjal cepat; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter spesialis ginjal di singapura; biaya transplantasi ginjal di penang; biaya laser batu ginjal di penang; dokter urologi di island hospital penang; pengalaman berobat ginjal di penang; dokter lambung terbaik di penang