Sekilas, Sebaiknya Tahu Bagaimana Ginjal Kita yang Ajaib ini Bekerja


Selintas, tampak ginjal kita segenggam mengepal. Namun itu sangat ajaib sama dengan organ tubuh yang penting lainnya. Jika dibedah fungsinya, fisiologi ginjal semua itu secara umum mencakup semua fungsi ginjal di antaranya seperti pemeliharaan keseimbangan asam-basa; regulasi keseimbangan cairan; regulasi natrium, kalium, dan elektrolit lainnya; pembersihan racun; penyerapan kembali glukosa, asam amino, dan molekul kecil lainnya yang masih di butuhkan tubuh; regulasi tekanan darah; produksi berbagai hormon, seperti eritropoietin; dan aktivasi vitamin D dari pro vitamin D yang berasal dari liver/hati. Semua fungsi ini ada di setiap nefron, yang merupakan suatu satuan dari ginjal yang terdiri glomerulus dan tubulus. Berbagai fungsi tersebut akan menurun bahkan tidak berfungsi sama sekali Jika ginjal mengalami kurusakan dengan sebab apapun. 

Setiap nefron yang dimaksud tersebut dimulai dengan komponen filtrasi yang menyaring darah yang masuk ke ginjal (tepatnya glomerulus). Di titik ini darah akan penyaringan Yang selanjutnya akan kembali menuju jantung, lalu mengalir kembali keseluruh tubuh (termasuk ke ginjal). Sedangkan satu lagi menuju ke tubulus menjadi ultra filtrat. Yang filtrat ini kemudian mengalir di sepanjang tubulus, yang merupakan struktur tubular yang dilapisi oleh satu lapisan sel khusus dan dikelilingi oleh kapiler. Fungsi utama sel-sel lapisan ini adalah untuk reabsorpsi air dan molekul kecil dari filtrat ke dalam darah (sistem kapiler peritubuler) dan sekresi limbah dari darah kapiler tersebut ke dalam urin.

Fungsi ginjal yang tepat membutuhkan penerimaan dan penyaringan darah yang memadai. Ini dilakukan pada tingkat mikroskopis oleh ratusan ribu unit filtrasi yang disebut sel ginjal (nefron) yang masing-masing terdiri dari glomerulus dan kapsul Bowman termasuk tubulusnya. Penilaian fungsi ginjal secara global sering dipastikan dengan memperkirakan laju filtrasi, yang disebut dengan laju filtrasi glomerulus (GFR).

Sistem ginjal tersebut bersambungan dengan sistem saluran perkencingan yang terdiri dari ureter, kandung kemih dan uretra. Fungsi keseluruhan dari sistem ini untuk menyaring sekitar 200 liter cairan sehari dari aliran darah ginjal. Aliran darah ginjal ini memungkinkan berisi racun, produk sisa metabolisme, dan ion berlebih yang dikeluarkan sambil menjaga zat penting dalam darah yang masih dibutuhkan tubuh. Ginjal juga mengatur osmolaritas plasma dengan memodulasi jumlah air, zat terlarut, dan elektrolit dalam darah. Hal ini untuk menjamin status keseimbangan asam-basa jangka panjang dan juga menghasilkan eritropoietin yang merangsang produksi sel darah merah. Ia juga menghasilkan renin untuk pengaturan tekanan darah dan melakukan konversi vitamin D menjadi bentuk aktifnya. 

Demikian sekilas siklus rutinitas bagaimana ginjal bekerja dengan sangat Sempurna tersebut. Luar biasa kan! Untuk itu Janganlah lupa kapan pun untuk merawat organ ginjal kita dengan baik yang sekaligus sebagai rasa syukur pada Sang Pencipta Yang Maha segalanya. Salam sehat selalu.

Source:
Keywords: