Ginjal Terganggu, Tulang Bisa Keropos


Penyakit ginjal dan kesehatan tulang ternyata berhubungan. Penderita penyakit ginjal bisa mengalami gangguan kesehatan tulang. Bila dibiarkan, bukan mustahil terjadi kekeroposan tulang. Bagaimana hubungannya?

“Terganggunya fungsi ginjal mempengaruhi produksi vitamin D3. Hal itu berdampak pula terhadap proses absorbsi kalsium dari makanan,” kata dr Djoko Santoso SpPD K-GH PhD dalam talkshow Hidup Produktif dengan Ginjal Sehat di radio JJFM, Kamis (10/1).

Di sisi lain, 98 persen kalsium tubuh disimpan di dalam tulang. Kalsium bersifat dinamis. Proses pembongkarannya terus menerus terjadi. Karena pembongkaran kalsium di tulang terus terjadi, padahal tingkat absorbsi tidak normal, lambat laun terjadi kekeroposan tulang.

Seiring menurunnya kadar kalsium di tulang, penderita mulai merasa pegal-pegal dan cepat lelah. Pada tahap berikutnya, ia kesakitan bila duduk, terutama di kursi rotan. “Kalau dulu kuat berjalan lama, kini sebentar saja sudah terasa kemeng. Otot kaki dan paha terasa lelah dan sakit,” ujar dr Djoko.

Dijelaskannya, ditinjau dari tingkat pembongkaran kalsium, penyakit tulang ginjal terbagi atas tiga tipe. Pertama, tipe high turnover. Pembongkaran kalsium di tulang tinggi sekali. Dalam beberapa tahun tulang akan keropos sehingga mudah patah dan retak. Ibaratnya bambu yang bagian dalamnya kosong. Dokter biasanya akan memberikan kalsium karbonat untuk mengikat fosfat dari makanan.

Tipe kedua adalah low turnover. Ini kebalikan dari tipe pertama. Penderita mengalami pelunakan tulang. Tulang melengkung mengakibatkan penderita bungkuk. Tipe ini kebanyakan diderita oleh masyarakat di negara-negara miskin yang tingkat pemenuhan gizinya rendah. Sedangkan tipe ketiga merupakan tipe campuran.

Di Indonesia, ungkap dokter yang berpraktik di RS Siloam Surabaya itu, 46 persen penderita tulang ginjal termasuk dalam tipe low turnover. Sekitar 40 persen tipe high turnover dan sisanya, 14 persen, tipe campuran.

“Selain karena faktor nutrisi dan adanya faktor-faktor infeksi kronis, komposisi tipe penderita dipengaruhi jam cuci darah yang lebih rendah daripada seharusnya. Misalnya, karena terkendala biaya, penderita yang idealnya cuci darah tiga kali seminggu hanya melakukannya dua kali seminggu,” papar dr Djoko. (lee)

Sumber :  https://jjfm.wordpress.com/2008/01/18/ginjal-terganggu-tulang-bisa-keropos/

Source:
Keywords:

rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; harga ginjal di rumah sakit; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit ginjal di penang malaysia; mencari pembeli ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; dokter ginjal terbaik di penang; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2017; orang yang membutuhkan donor ginjal; lowongan donor ginjal; harga ginjal di rumah sakit; rumah sakit yang membutuhkan ginjal; cara menjual ginjal di rumah sakit; harga ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; komunitas jual beli ginjal; jual beli ginjal online 2018; harga ginjal 2017 di indonesia; calo jual beli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; dibutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; orang yang membutuhkan donor ginjal; calon pembeli ginjal 2018; pencari donor ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal; biaya operasi batu ginjal di penang; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter ginjal terbaik di malaka; rumah sakit di malaysia; rumah sakit terbaik di malaysia; calon pembeli ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; cara menjual ginjal dengan cepat 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; butuh ginjal cepat; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter spesialis ginjal di singapura; biaya transplantasi ginjal di penang; biaya laser batu ginjal di penang; dokter urologi di island hospital penang; pengalaman berobat ginjal di penang; dokter lambung terbaik di penang