Tetap bahagia hidup dengan satu ginjal


“Kalau bisa memilih, lebih enak hidup dengan dua ginjal. Tetapi kadang dalam hidup ini terjadi hal yang tidak terduga dan kita harus menerima kenyataan kehilangan satu ginjal,” kata dr Djoko Santoso SpPD K-GH PhD dalam talkshow Hidup Produktif dengan Ginjal Sehat di radio JJFM,

Pada umumnya manusia mempunyai dua ginjal. Namun, ada juga manusia yang harus hidup dengan satu ginjal. Penyebabnya bisa karena ia dilahirkan hanya dengan satu ginjal. Bisa pula lantaran ia kehilangan satu ginjalnya akibat penyakit, kecelakaan, atau didonorkan kepada orang lain.

Ginjal, siapa yang menyangka organ tubuh yang bernama “ginjal” dengan ukuran sekitar 11x7x2 cm memiliki peran yang sangat besar dalam tubuh. Untuk organ yang begitu kecil, ginjal bekerja keras setiap harinya apalagi sejumlah peran vital dalam fungsi sehari-hari tubuh kita, hal itu dikarenakan fungsi ginjal yang penting bagi tubuh kita.

Bagi anda yang baru mengalami operasi pengangkatan salah satu ginjalnya karena berbagai sebab tidak perlu kuatir. Hidup dengan satu ginjal tidak akan mengurangi aktifitas dan kemampuan lho...

Kita tetap bisa beraktifitas dan hidup secara normal puluhan tahun walaupun hanya dengan satu buah ginjal. Namun demikian kita tetap harus waspada menjaga makanan anda. Kurangi makanan yang dapat membebani kerja ginjal, hindari minum obat obatan yang tidak jelas seperti obat kuat, perangsang, obat gemuk atau kurus, jamu yang tidak jelas, soft drink, dan lain lain. Banyaklah meminum air putih, untuk menjaga ginjal tetap bersih.

Ginjal adalah alat cuci darah ditubuh kita karunia Allah yang ajaib. Besarnya hanya sekepalan tangan. Pada menusia normal terdapat dua buah ginjal dipinggang sebelah kiri dan kanan. Fungsinya …masya Allah, ia membersihkan darah kita dari berbagai racun dan kotoran yang terbawa didalam darah. Cairan yang mengandung berbagai racun dan kotoran dari darah tersebut, dialirkan dari ginjal melalui ureter ke kandung kemih, untuk selanjutnya jika sudah penuh dibuang kebelakang (toilet) berupa air seni.

Bagi orang yang mengalami gagal ginjal, pembersihan darah dari berbagai kotoran dan racun dilakukan di Rumah sakit, dikenal dengan istilah cuci darah. Alatnya sebesar lemari es, biayanya….. masyaa ….Allah bisa jutaan rupiah sekali cuci darah. Ada orang yang harus cuci darah sekali seminggu ada yang dua kali seminggu. Jika sudah waktunya cuci darah tidak segera dilaksanakan, nafas sesak, badan lemah, wajah pucat. Setelah cuci darah badan terlihat segar kembali.

Kita dapat menganalogikan ginjal sebagai alat yang canggih, ramah lingkungan sistim pembuangan limbah, teknologi daur ulang yang bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan akan terus menerus membersihkan darah. Setiap jam supply darah beredar melalui ginjal sekitar 12 kali. Setiap hari ginjal membersihkan sekitar 200 liter darah dengan sekitar 1 sampai 2 liter limbah meninggalkan tubuh sebagai urin. Sebagian limbah ini dihasilkan oleh tubuh karena nutrisi makanan yang tidak diperlukan.

Bayangkan alat ciptaan manusia yang sebesar lemari es tersebut Allah gantikan dengan ginjal yang besarnya hanya sekepalan tangan dipinggang kita masing masing. Bekerja 24 jam selama puluhan tahun tanpa harus bayar. Sepatutnyalah kita bersyukur pada Allah atas semua karunianya itu, dan menjaga ginjal pemberian Allah tersebut dengan sebaik baiknya.

“Intinya, hidup dengan satu atau dua ginjal tak ada bedanya. Seseorang yang hidup dengan satu ginjal tidak memerlukan perlakuan khusus. Apa yang dianjurkan dan dilarang untuk manusia dengan dua ginjal berlaku pula untuk seseorang yang hidup dengan satu ginjal,” tegas dr Djoko.

Sumber : https://www.kompasiana.com/widyaheart/tetap-bahagia-hidup-dengan-satu-ginjal_55172afb813311cf669de25f

Source:
Keywords:

rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; harga ginjal di rumah sakit; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit ginjal di penang malaysia; mencari pembeli ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; dokter ginjal terbaik di penang; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2017; orang yang membutuhkan donor ginjal; lowongan donor ginjal; harga ginjal di rumah sakit; rumah sakit yang membutuhkan ginjal; cara menjual ginjal di rumah sakit; harga ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; komunitas jual beli ginjal; jual beli ginjal online 2018; harga ginjal 2017 di indonesia; calo jual beli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; dibutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; orang yang membutuhkan donor ginjal; calon pembeli ginjal 2018; pencari donor ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal; biaya operasi batu ginjal di penang; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter ginjal terbaik di malaka; rumah sakit di malaysia; rumah sakit terbaik di malaysia; calon pembeli ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; cara menjual ginjal dengan cepat 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; butuh ginjal cepat; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter spesialis ginjal di singapura; biaya transplantasi ginjal di penang; biaya laser batu ginjal di penang; dokter urologi di island hospital penang; pengalaman berobat ginjal di penang; dokter lambung terbaik di penang