Corticosteroids Used in Nephrology


Rumah Ginjal - PENDAHULUAN

Kortikosteroid merupakan agen yang digunakan secara luas pada pengobatan inflamasi dan penyakit yang ditengahi secara imunologis dari target organ apa saja, termasuk organ ginjal. Agen ini telah digunakan dengan frekuensi yang makin bertambah mengingat efek imunosupresif dan antiinflamtorisnya pada berbagai penyakit ginjal yang ditengahi imunologik. Kemanjurannya telah jelas terbukti pada berbagai macam penyakit. Sebagai agen anti inflamasi dan agen imunosupresif,Kortikosteroid sangat berbeda bekerjanya dari obat-obat sitotoksik lainnya. Bahaya dan efek sampingnya juga banyak dan harus selalu diperhatikan bila cara pengobatan ini dilakukan.

Penyakit ginjal dengan cedera glomeruli (penyakit glomerulus) bisa menyebabkan perubahan: pada permeabilitas dinding kapiler, rupturnya dinding kapiler, serta terganggunya faal ginjal lainnya. Jika cederanya ringan katakan hanya hyperplasia mesangial saja, maka umumnya dihubungkan dengan proteinuria asimtomatik atau hematuria. Namun kalau Glomerulonephritis proliferative (baik fokal atau difus), maka kelainan patologiknya tidak hanya proliferasi sel – sel glomerulus (misalnya, sel mesangial, endothelial serta epithelial) tetapi juga oleh adanya influx leukosit serta fagosit – fagosit mononuklear. Bahkan Sklerosis dan nekrosis juga mungkin terdapat.

Karena proses cedera glomerular melibatkan serangkaian reaksi inflamatoris atau penyakit yang ditengahi secara imunologis, maka peran kortikosteroid amatlah penting dalam pengelolaan penyakit ginjal yang dimediasi oleh kelainan imunologik. Dengan demikian pemahaman tentang mekanisme kerja kortikosteroid sebagai agent imunosupresi-antiinflmatoris dan juga pemahaman patofisiologi penyakit glomerular tersebut mutlak untuk dikuasai agar dapat mengelolanya secara optimal. Pada makalah ini kami akan mencoba membahas mengenai mekanisme kerja dan pertimbangan klinik dalam penggunaan kortikosteroid pada penyakit ginjal.

Sumber: Pendidikan Dokter Berkelanjutan XXV 2010 - Ilmu Penyakit Dalam

Source:
Keywords:

rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; harga ginjal di rumah sakit; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit ginjal di penang malaysia; mencari pembeli ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; dokter ginjal terbaik di penang; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2017; orang yang membutuhkan donor ginjal; lowongan donor ginjal; harga ginjal di rumah sakit; rumah sakit yang membutuhkan ginjal; cara menjual ginjal di rumah sakit; harga ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; komunitas jual beli ginjal; jual beli ginjal online 2018; harga ginjal 2017 di indonesia; calo jual beli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; dibutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; orang yang membutuhkan donor ginjal; calon pembeli ginjal 2018; pencari donor ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal; biaya operasi batu ginjal di penang; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter ginjal terbaik di malaka; rumah sakit di malaysia; rumah sakit terbaik di malaysia; calon pembeli ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; cara menjual ginjal dengan cepat 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; butuh ginjal cepat; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter spesialis ginjal di singapura; biaya transplantasi ginjal di penang; biaya laser batu ginjal di penang; dokter urologi di island hospital penang; pengalaman berobat ginjal di penang; dokter lambung terbaik di penang