[Tanya Dokter] Terapi Pengganti Ginjal


[Rumah Ginjal: Tanya-Jawab] Jika saya sudah didiagnosa Gagal Ginjal Kronis (GGK), apakah saya harus cuci darah?

Dokter :

Tidak, untuk cuci darah atau tidak tergantung stadium dari GGK nya. GGK memiliki 5 stadium, yaitu: 

  1. Stadium 1 jika laju filtrasi glomerulus di atas 90 ml/menit atau normal. Walau nilai laju filtrasi glomerulus normal, namun terdapat kerusakan pada ginjal yang terdeteksi oleh tes lain. Misalnya, terdapat darah di dalam urin (hematuria) atau terjadi peradangan pada ginjal.
  2. Stadium 2 jika laju filtrasi glomerulus 60-89 ml/menit. Agar perkembangan kondisi ginjal dapat terus dipantau, pengidap GGK stadium dua direkomendasikan untuk menjalani tes laju filtrasi glomerulus tahunan.
  3. Stadium 3 jika laju filtrasi glomerulus 30-59 ml/menit. Terdapat penurunan fungsi ginjal yang cukup mengkuatirkan sehingga memerlukan pemeriksaan berkala tiap enam bulan sekali.
  4. Stadium 4 jika laju filtrasi glomerulus 15-29 ml/menit. Pada stadium ini, pengidap kemungkinan telah merasakan gejala-gejala GGK dan perlu mengikuti pemeriksaan tiap enam bulan. Di stadium ini pasien kita edukasi untuk persiapan cuci darah atau cangkok (transplantasi) ginjal.
  5. Stadium 5 jika laju filtrasi glomerulus di bawah 15 ml/menit. Disebut sebagai kondisi gagal ginjal, yaitu ginjal telah kehilangan hampir seluruh fungsinya. Tiap tiga bulan, pasien gagal ginjal ini perlu menjalani pemeriksaan. Di stadium ini pasien sudah dilakukan cuci darah atau cangkok ginjal.
Source:
Keywords:

rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; harga ginjal di rumah sakit; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit ginjal di penang malaysia; mencari pembeli ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; dokter ginjal terbaik di penang; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2017; orang yang membutuhkan donor ginjal; lowongan donor ginjal; harga ginjal di rumah sakit; rumah sakit yang membutuhkan ginjal; cara menjual ginjal di rumah sakit; harga ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; komunitas jual beli ginjal; jual beli ginjal online 2018; harga ginjal 2017 di indonesia; calo jual beli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; dibutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; orang yang membutuhkan donor ginjal; calon pembeli ginjal 2018; pencari donor ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal; biaya operasi batu ginjal di penang; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter ginjal terbaik di malaka; rumah sakit di malaysia; rumah sakit terbaik di malaysia; calon pembeli ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; cara menjual ginjal dengan cepat 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; butuh ginjal cepat; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter spesialis ginjal di singapura; biaya transplantasi ginjal di penang; biaya laser batu ginjal di penang; dokter urologi di island hospital penang; pengalaman berobat ginjal di penang; dokter lambung terbaik di penang