Buku: Siapkan diri Anda untuk Cangkok Ginjal


Rumah Ginjal - Buku berjudul  “Siapkan Diri Anda Untuk Cangkok Ginjal” ini menjelaskan bagaimana persiapan yang perlu dilakukan, dan kriteria bagi calon pendonor ginjal. Buku ini disusun menjadi 12 bab, mulai dari mengenal transplantasi ginjal, mempersiapkan logistik proses cangkok ginjal, mencari dan memahami proses evaluasi donor hidup, persiapan resipian selama pracangkok, perawatan pra operasi, prosedur pembedahan transplantasi ginjal, manajemen pascaoperasi resipien transplantasi ginjal, rehabilitasi pola hidup, hingga pembahasan tentang penanganan pasien pasca cangkok ginjal. Berikut ini beberapa ringkasan dari buku tersebut.

Bab 1, “Mengenal Transplantasi Ginjal” dijelaskan tentang pengertian dan upaya menemukan donor. Dalam pengertian transplantasi ginjal dapat dijelaskan sebagai berikut; Pertama, organ atau jaringan yang diambil dari badan, untuk ditanam ke tempat lain pada badan yang sama atau ke individu lain. Kedua, proses pengangkatan dan pencangkokan organ atau  jaringan, yang selanjutnya di tanamkan ke bagian lain.

Bab 2, “Proses Cangkok Ginjal,” menjelaskan tentang mengenai langkah cangkok ginjal. Ada dua langkah, yaitu; Pertama, pasien akan diberi imunosupresant untuk menekan sistem imun, melemahkan sel-sel yang ter-auto-sensitisasi. Kedua, tepat sebelum operasi dimulai,  imunosupresant diinijeksikan intravena dengan dosis tertentu.

Bab 3, “Memahami Proses Evaluasi Donor Hidup”, diulas masalah pemahaman terhadap proses evaluasi donor hidup. Kendala transplantasi ginjal di Indonesia masih tinggi. Tidak hanya biaya, namun juga ketersediaan donor. Demikian juga dengan donor hidup, juga ada kendala. Bila pendonor tidak ada hubungan kekerabatan dengan si penderita, faktor ekonomi diperkirakan menjadi alasan utama mengapa dia mau melakukannya.

Bab 6, “Prosedur Pembedahan Transplantasi Ginjal”, menjelaskan bahwa transplantasi ginjal merupakan suatu proses yang rumit. Karena itu, sebelum menjalani proses transplantasi, ada beberapa prosedur yang perlu dipenuhi. Berkaitan dengan donor hidup, ada prosedur tentang persiapan pembedahan yang harus diikuti.

Bab 7, “Manajemen Pasca Opreasi Recipient Transplantasi Ginjal”, menjelaskan pentingnya pasien untuk menjalani  perawatan pasca-operasi.
 
Bab 8, “Rehabilitasi Pola Hidup”, menjelaskan mengenai perencanaan saat keluar dari rumah sakit, seperti rehabilitasi pola hidup.

Bab 9, “Bagaimana Menyiapkan Pasien Setelah Cangkok Ginjal”, memberikan gambaran tentang perhatian khusus saat dilakukan perawatan di rumah. Saat transplantasi di Rumah Sakit, pasien dalam pengelolaan tim medis yang profesional dan dalam lingkungan yang nyaman. Namun ketika keluar dari rumah sakit, pertanyaannya: Siapa yang akan mencuci kateter Anda sehingga darah tidak akan membeku? Siapa yang akan mencari tanda-tanda infeksi di sekitar kateter Anda? Siapa yang akan memberi Anda suntikan bila Anda memerlukannya? Jawabannya adalah: Anda sendiri. Kalaupun dibantu, hanya oleh keluarga. Disinilah pentingnya memahami bagaimana menjalani perawatan di rumah.[]

Source:
Keywords:

rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; harga ginjal di rumah sakit; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit ginjal di penang malaysia; mencari pembeli ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; dokter ginjal terbaik di penang; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2017; orang yang membutuhkan donor ginjal; lowongan donor ginjal; harga ginjal di rumah sakit; rumah sakit yang membutuhkan ginjal; cara menjual ginjal di rumah sakit; harga ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; komunitas jual beli ginjal; jual beli ginjal online 2018; harga ginjal 2017 di indonesia; calo jual beli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; dibutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; orang yang membutuhkan donor ginjal; calon pembeli ginjal 2018; pencari donor ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal; biaya operasi batu ginjal di penang; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter ginjal terbaik di malaka; rumah sakit di malaysia; rumah sakit terbaik di malaysia; calon pembeli ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; cara menjual ginjal dengan cepat 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; butuh ginjal cepat; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter spesialis ginjal di singapura; biaya transplantasi ginjal di penang; biaya laser batu ginjal di penang; dokter urologi di island hospital penang; pengalaman berobat ginjal di penang; dokter lambung terbaik di penang