Agar Tak Makin Parah, Batasi Air dan Garam


Gangguan fungsi ginjal dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada perut, kelopak mata, dan kaki. Air dan racun menumpuk di dalam tubuh karena ginjal tak berfungsi optimal. Pembengkakan pun terjadi.

Dalam talkshow Hidup Produktif dengan Ginjal Sehat di radio JJFM, Kamis (17/1), dr Djoko Santoso SpPD K-GH PhD menjelaskan bahwa bengkak akibat gangguan fungsi ginjal bisa dibagi dalam beberapa tahap. Pertama, air dan natrium tidak dapat dikeluarkan dari tubuh. Akibatnya sistem akan mengarahkan air ke perut, kelopak mata, kaki, dan bagian lain yang longgar.

Kedua, penambahan volume mengaktifkan enzim dan hormon tertentu. Terjadi tekanan yang ditimbulkan oleh jantung. Pada tahap ini terjadi penumpukan garam, air, dan enzim-enzim di ginjal. Ketiga, beban jantung semakin berat. Terjadi kelelahan jantung. Air, garam, enzim, dan hormon kian menumpuk. Jantung mulai tidak berfungsi.

Memasuki tahap keempat, terjadi kebocoran protein sehingga penderita kekurangan albumin alias protein dalam darah. Padahal, albumin berfungsi mengikat air agar tidak keluar dari sirkulasi.

“Supaya tidak semakin parah, penderita disarankan membatasi konsumsi air dan garam. Dalam sehari, penderita maksimal mengonsumsi 500 ml air dan tiga gram garam. Plus, hindari makanan kaleng dan buah-buahan,” kata dr Djoko.

Penderita penyakit ginjal yang sudah berada pada grade 4 atau 5 sama sekali dilarang mengonsumsi buah. Soft drink dan minuman isotonik juga tak diperbolehkan karena mengandung natrium. Sedangkan sayur mayur dilarang lantaran mengandung banyak air. (lee)

Sumber : https://jjfm.wordpress.com/2008/01/31/agar-tak-makin-parah-batasi-air-dan-garam/

Source:
Keywords:

rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; harga ginjal di rumah sakit; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit ginjal di penang malaysia; mencari pembeli ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; dokter ginjal terbaik di penang; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; calon pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2017; orang yang membutuhkan donor ginjal; lowongan donor ginjal; harga ginjal di rumah sakit; rumah sakit yang membutuhkan ginjal; cara menjual ginjal di rumah sakit; harga ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; komunitas jual beli ginjal; jual beli ginjal online 2018; harga ginjal 2017 di indonesia; calo jual beli ginjal; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; dibutuhkan donor ginjal 2018; mencari pembeli ginjal 2018; orang yang membutuhkan donor ginjal; calon pembeli ginjal 2018; pencari donor ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan donor ginjal; biaya operasi batu ginjal di penang; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter ginjal terbaik di malaka; rumah sakit di malaysia; rumah sakit terbaik di malaysia; calon pembeli ginjal 2018; iklan butuh donor ginjal 2018; cara menjual ginjal dengan cepat 2018; mencari pembeli ginjal 2018; rumah sakit pembeli ginjal; orang kaya yang butuh ginjal 2018; rumah sakit yang membutuhkan ginjal 2018; butuh ginjal cepat; dokter urologi terbaik di penang; dokter ginjal terbaik di indonesia; dokter spesialis ginjal di singapura; biaya transplantasi ginjal di penang; biaya laser batu ginjal di penang; dokter urologi di island hospital penang; pengalaman berobat ginjal di penang; dokter lambung terbaik di penang