Asupan Sehat untuk Ginjal


Rumah Ginjal - Asupan dengan tinggi serat misal, sayur dan buah merupakan salah satu kunci untuk  menjaga fungsi ginjal. Jika Hal tersebut tidak dibiasakan maka akan berpeluang terkena risiko gagal ginjal. Kebiasan Yang tidak sehat demikian bersama dengan kebiasan tidak sehat lainnya seperti pola hidup tidak sehat misal merokok dan makan tinggi kalori hingga kegemukan atau juga tinggi protein atau juga suka makan yang sangat asin akan dapat menyebabkan penyakit ginjal pada orang sehat.

Peneliti yang dipimpin oleh Alexander Chang, MD dari Loyola University Medical Center menemukan bahwa orang dengan fungsi ginjal normal dan tidak ada hipertensi atau diabetes yang diet tinggi daging merah, minuman yang dimaniskan gula (tinggi gula) dan natrium (rasa asin di makanan) serta mereka tidak suka buah, biji-bijian lebih mungkin terserang penyakit ginjal. Selain itu, orang gemuk atau mereka yang memiliki BMI lebih dari 30 hampir tiga kali lebih mungkin berpeluang sakit  ginjal. Mereka yang merokok memiliki kemungkinan 53% untuk menderita penyakit ginjal.

"Dalam banyak studi ditekankan akan pentingnya mempertahankan gaya hidup sehat seperti — makan dengan benar, menjaga berat badan ideal, dan berhenti merokok, tidur nyenyak cukup, olah raga sesuai kemampuan. Tidak seperti diabetes, hipertensi, atau riwayat keluarga penyakit ini, semua tersebut di atas adalah faktor risiko yang dapat dimodifikasi yang ada dalam kontrol kita (jika mau dan mampu) mengendalikan dan pada akhirnya, dengan melakukan itu, kita mungkin dapat mencegah timbulnya penyakit ginjal, " kata Gail Torres, RN, National Kidney Foundation. 

Lebih lanjut dikatakan Oleh dr Chang, bahwa tidak jelas bagaimana faktor-faktor diet ini mencegah penyakit ginjal, tetapi "ada banyak bukti bahwa produk susu rendah lemak menurunkan risiko diabetes dan asupan garam yang rendah dapat mengurangi risiko hipertensi."

Para peneliti juga mencatat hubungan yang kuat antara minuman manis bergula dan pengembangan penyakit ginjal kronis. Mereka yang minum lebih dari 3,5 minuman manis bergula setiap minggu memiliki 150% peningkatan kemungkinan terserang penyakit ginjal. 

"Konsumsi minuman ini baru-baru ini dikaitkan dengan adanya protein dalam urin, salah satu tanda paling awal penyakit ginjal," kata Dr. Chang. 

"Mungkin fruktosa dalam minuman ini dimetabolisme secara unik, mempromosikan produksi asam urat yang telah terbukti menyebabkan hipertensi dan mengurangi aliran darah ke ginjal dalam model tikus." Maka dari itu, getakan dan getakan bersama untuk kembali ke hidup natural melalui pola hidup sehat yg klasik Karena itu tidak hanya menyehatkan ginjal tetap sehat tubuh secara keseluruan. []

Source:
Keywords: