MUI Jatim Singkronisasikan Antara Kesehatan dan Ekonomi di Masa Pandemi


Surabaya. MUI Jatim. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur (Jatim) kembali melaksanakan agenda rutin ‘Webinar Seri Literasi Pandemi’ Jum’at (14/01/2022). Pada seri ke-27 ini yang menjadi tema adalah ‘Masihkan Pandemi Jadi Tantangan Sektor dan Ekonomi 2022?’.

Dalam sambutan pengantar, Ketua Badan Kesehatan MUI Jatim Djoko Santoso menuturkan organisasinya telah sepakat melakukan penguatan singkronisasi antara kesehatan dan ekonomi.

“Sehingga keduanya harus kita maknai atau mengerti secara mendalam tantangan pandemi yang sudah dua tahun berjalan dengan berbagai varian. Yang terakhir adalah varian Omicron,” katanya.

Sudah lebih dari 150 negara yang menerima varian-varian ini dengan kebijakan masing-masing negara. Tergantung dari kemampuan defisa negaranya.

“Sebagai contoh Hongkong, itu orang lain transit saja tidak boleh Sementara Indonesia antara kesehatan dan ekonomi harus berjalan seiring,” terangnya.

Djoko Santoso mengajak untuk mengikuti apa yang disampaikan pemateri pada acara ini guna mengetahui dan kemudian mengambil sikap. Bagimana pandemi dengan varian-variannya.

“Mudah-mudahan apa yang disampaikan pemateri bisa kita ambil manfaat. Sehingga kita semua tercerahkan dengan sangat-sangat sadar. Bahwa kehidupan di era tidak jelas ini dengan lindungan Allah, maka hati kita yang sejuk ini bisa melewati fase-fase yang demikian sulit ini,” pungkasnya.

Hadir sebagai pemateri Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Brawijaya (UB) Prof.Dr. Mohamad Khusaini,SE.,M.Si.,MA. Guru Besar Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Universitas Indonesia (UI) Prof.Dr. Amal C.SJAAF,S.KM.DRPH. Dan Anggota Ilmuan Indonesia Internasional Dr.Dr. Iqbal Mochtar,MPH,MKKKK, DIPLCARD, DOCCMED,SPOK,FRSPH. []



Comments