Jadwal Minum Air dan Tips Agar Ingat untuk Minum


 

Minum air adalah kebutuhan dasar yang sangat diperlukan manusia karena tubuh hanya dapat bertahan maksimal 2 hingga 7 hari tanpa minum. Minum air tidak hanya sekadar memuaskan dahaga, namun lebih dari itu, perannya sangat fundamental dalam menjaga tubuh agar tetap berfungsi dengan baik dan sehat. Untuk diketahui bahwa kandungan tubuh kita didominasi oleh air. Konsekuensinya tubuh tidak akan bertahan kalau tidak ada asupan air dalam rentang pendek dari hari. Hal ini sangat beda kalau tubuh kelaparan dalam beberapa hari yang mana masih mampu bertahan hidup.

Hampir semua sistem utama tubuh bergantung pada air untuk berfungsi dan bertahan hidup. Berikut adalah beberapa peran penting air bekerja dalam tubuh: 

  1. Membawa nutrisi dan oksigen ke sel
  2. Melindungi organ dan jaringan tubuh
  3. Mengurangi beban pada ginjal dan hati dengan membuang produk limbah
  4. Mengatur suhu tubuh
  5. Melembabkan jaringan di mata, hidung dan mulut

 

Setiap hari, tubuh kehilangan air melalui napas, keringat, urin, dan buang air besar, itulah mengapa penting untuk terus menjaga status cairan tubuh sepanjang hari agar tubuh kita tidak mengalami dehidrasi. 

Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board menyatakan bahwa rata-rata jumlah air yang harus dikonsumsi oleh manusia normal tanpa gangguan jantung atau ginjal adalah 3,7 liter untuk pria dan 2,6 liter untuk wanita. Untuk mempermudah, pria membutuhkan 15 gelas air minum dalam kemasan yang setara 240cc dan wanita 12 gelas.

Namun itu semua tidak berlaku untuk tubuh dengan gagal fungsi dari beberapa organ seperti sirosis hati dengan bengkak, penyakit jantung dengan status payah jantung, ginjal dengan status gagal ginjal kronis tahap lanjut, dan masih ada beberapa kondisi klinis lainnya yang perlu panduan dari seorang klinisi yang berkompeten.

Dengan mengacu kepada beberapa referensi, tim Rumah Ginjal memberikan rekomendasi untuk membagi tips dan jadwal minum Anda secara teratur, yaitu:

  • 2 gelas air saat bangun pagi (jam 6)
  • 1 gelas setelah makan pagi
  • 2 gelas saat sedang beraktivitas (jam 10)
  • 1 gelas sebelum dan sesudah makan siang
  • 2 gelas saat beraktivitas sore (jam 16)
  • 1 gelas sebelum dan sesudah makan malam
  • 1 gelas sebelum tidur.

 

Bila berolahraga atau menjalani aktivitas yang cukup melelahkan minumlah air lebih banyak. Tentu dalam Konteks ini dibutuhkan Asupan ekstra eleltrolit-mineral melalui asupan sayur dan buah dari porsi rutinnya. Jadwal tersebut akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya organ tercinta yaitu ginjal. 

Tips lainnya adalah bawalah botol tempat minum anda sendiri agar Anda selalu ingat untuk minum, botol minum dengan gambar atau hiasan menarik akan menambah niat Anda untuk minum, setelah minum usahakan untuk mengisi botol air minum hingga penuh karena botol yang kosong akan membuat Anda malas untuk mengambil air, dan terakhir buatlah alarm di gadget Anda untuk minum pada jam-jam tertentu.

Itulah sekelumit pencerahan kaitan air yang menyehatkan tubuh. Dan untuk informasi sekali lagi tentang cara bagaimana mengonsumsi lebih banyak air, dan bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan khusus seperti sakit jantung atau ginjal yang memerlukan pembatasan asupan air, sebaiknya dikonsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda. []

 

Sumber gambar: https://www.kompas.com/sains/read/2020/11/02/130500523/minum-air-putih-untuk-menurunkan-berat-badan-begini-aturannya?page=all



Comments