Kebocoran Protein Albumin dalam Urin sebagai Petanda Awal Sakit Ginjal


Rumah Ginjal - Kejadian bocor protein albumin dalam urin sering sangat tidak disadari oleh siapapun (kecuali saat general check up). Mengapa demikian? Karena hal ini sering tidak bergejala. 

Sebagai informasi  bahwa zat Albumin dalam darah ini merupakan  jenis protein yang sangat  penting di tubuh. Fungsinya adalah untuk  membantu merawat stabilitas otot, memperbaiki jaringan, dan melawan infeksi. Maka dari itu protein albumin ini  secara alamiah memang harus tetap ada dalam darah dan tidak boleh dalam urin agar tidak  berkurang. 

Namun jika ini kenyataannya ada dalam urin maka besar kemungkinan bahwa  ginjalnya tidak sehat, tidak bisa    menyaring dengan baik. Padahal ginjal  yang prima tentu akan mampu mempertahankan albumin dan zat zat lain yang masih dibutuhkan tubuh hingga tidak ikut dalam urin.  

Di sisi lain, sesuai kodratnya, ginjal  justru harus mampu  menghilangkan atau melepas zat zat yang  tidak dibutuhkan tubuh seperti produk limbah dan air yg berlebih.

Nah, ketika ginjal rusak, protein albumin dapat "bocor atau Lolos " keluar dari ginjal lalu ke dalam urin. Dalam istilah Kedokteran hal ini  disebut "albuminuria" atau "proteinuria."

Dengan demikian, jika nyatanya ada bocor protein dalam urin  maka ini pertanda awal penyakit ginjal. Dalam kaitan ini  lalu Dokter  Anda akan  memastikan keberadaan albuminuria. Jika dicurigai ke arah  penyakit ginjal, maka biasanya pemerikasaan ulangan akan dilakukan oleh dokter Anda. Biasanya tiga hasil positif dari itu untuk selama periode  tiga bulan atau lebih, sudan cukup untuk dikatakan itu  tanda penyakit ginjal. Maka dari itu sebelum semuanya terlambat, cintailah  ginjal Anda yang selalu menakjubkan ini. [].

Baca juga: 
Delapan Langkah Mencegah Penyakit Ginjal