Kenali Fosfat, zat yang sangat berbahaya pada gagal ginjal


Rumah Ginjal - Fosfat adalah salah satu mineral dalam tubuh yang penting untuk regulasi dalam tubuh. Fosfat dalam konsentrasi yang normal dalam tubuh dipakai salah satunya untuk kesehatan tulang. Tubuh menyerap fosfat di usus, memprosesnya di sel, lalu membuangnya melalui ginjal. Pada pasien gangguan ginjal, fungsi pembuangan pada ginjal terganggu sehingga, fosfat tidak dapat keluar dari tubuh. Penumpukan fosfat dalam tubuh sangat menganggu dan berbahaya. Salah satu faktor risiko untuk komplikasi jantung pada pasien gangguan ginjal adalah tingginya kandungan fosfat dalam tubuh. Oleh karena itu mengapa fosfat sangat berbahaya pada pasien gangguan ginjal.

 

Makanan apa yang tinggi fosfat?

Fosfat yang kita serap tiap hari berasal dari beberapa makanan yang tinggi fosfat. Beberapa makanan yang tinggi fosfat adalah ayam, babi, jeroan, cumi, udang, kepiting, beberapa ikan laut, keju, susu, yogurt, kacang kacangan, oat, gandum, dll. Beberapa makanan ini sangat tinggi dalam fosfat. Pada pasien gangguan ginjal sebaiknya mengurangi dan menghindari beberapa makanan yang sudah disebutkan tadi.

 

Mengapa fosfat sangat berbahaya untuk gagal ginjal, komplikasi apa yang dapat ditimbulkan?

Kandungan fosfat yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan beberapa komplikasi seperti sakit jantung, gatal gatal di kulit, kekakuan pembuluh darah, kurangnya kalsium, dan yang lebih bahaya adalah kematian mendadak.

 

Apakah gejalanya jika kandungan fofsfat dalam tubuh saya tinggi pada gagal ginjal?

Pada dasarnya sering tidak bergejala, namun yang gampang dilihat adalah gatal gatal di kulit, karena adanya fosfat yang menempel pada sel kulit.

 

Apakah ada obat untuk menurunkan fosfat dalam tubuh?

Jika sudah gagal ginjal dan melakukan cuci darah rutin maka terapi yang paling ideal adalah cuci darah itu sendiri, ditambah dengan obat pengikat fosfat (Phosphate binder) seperti sevelamer, lantanum, sucroferric, aluminum hydroxide, calcium carbonat. Pada pasien dengan gangguan ginjal yang belum terminal bisa dengan mengurangi asupan makanan yang tinggi fosfat, mengontrol penyakit ginjal dan minum obat pengikat fosfat.

 

Semoga dengan sharing ilmu ini bisa menambah wawasan dan lebih berhati hati untuk menjaga kesehatan ginjal kita.

 

Source:
Keywords:

fosfat, gagal ginjal,