Pengendalian Berat Badan


Sebagaimana dijelaskan pada Menentukan Risiko Hipertensi berdasarkan Ukuran Pinggang dan Pinggul, kelebihan berat badan merupakan faktor risiko untuk mendapatkan penyakit hipertensi. Sehingga perlu dilakukan upaya untuk menurunkan berat badan. Berikut ini dijelaskan bagaimana hubungan pengendalian berat badan dan hipertensi serta bagaimana panduan untuk menurunkan berat badan untuk kesuksesan pengelolaan hipertensi.

 

Prinsip penurunan berat badan

  1. Jangan melakukan usaha penurunan berat badan dalam tempo cepat, tidak ada jalan pintas dalam hal ini.
  2. Penurunan berat yang dianggap aman sebesar 1 pound (1/2 kg) per minggu.
  3. Ikuti saran dokter. Anda mungkin akan dirujuk ke ahli diet dan di situ akan mendapat lebih banyak informasi di antaranya: tentang makanan sehat, pembacaan label, persiapan makanan, dan program latihan.

 

Beberapa kemungkinan hubungan pengendalian berat badan dan hipertensi, yaitu:

  1. Tekanan darah akan meningkat dengan bertambahnya berat badan dan akan turun dengan berkurangnya berat badan.
  2. Dengan penurunan berat badan (terutama pada penderita yang awalnya gemuk) umumnya dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang hipertensi.
  3. Penurunan berat badan sekurang kurangnya 10 pound (4,5 kg) umumnya sudah mulai dapat menurunkan tekanan darah sebesar 5-7 mmHg. Bahkan sebagian orang tertentu, dengan menurunkan berat badan saja sudah dapat membebaskan mereka dari obat-obatan 
  4. Namun pada beberapa orang penurunan berat mungkin tidak mengakibatkan penurunan tekanan darah.
  5. Menjadi kelebihan berat tidak selalu berarti bahwa tekanan darah akan naik. Namun disarankan tetap perlu memantau tekanan darah Anda secara periodik.
  6. Anda tidak harus jadi kurus, jika Anda hipertensi atau berisiko terkena hipertensi. Namun disarankan untuk menurunkan berat badan.
  7. Jika IMT (Indeks Massa Tubuh) Anda mencapai 25 atau lebih, cobalah sedikit menurunkan berat badan Anda.
  8. Pengendalian berat badan akan tercapai dengan kebiasaan makan sehat dan olahraga teratur secara terus-menerus

 

Panduan penurunan berat badan Anda untuk kesuksesan pengelolaan hipertensi, antara lain:

  1. Tentukan target berat ideal yang masuk akal.
  2. Mulailah dengan menurunkan berat sebesar 2- 3 pound selama 1 bulan (setengah pound per minggu).
  3. Makanlah secukupnya dan berhentilah sebelum kenyang untuk menghindari sifat berlebihan.
  4. Dalam hal diet, jangan lakukan pembatasan kalori terlalu ketat untuk jangka panjang. Alasannya bahwa lapar itu merupakan keinginan yang sangat fisiologik, tubuh tentu berespon terhadap pembatasan kalori seperti pada kelaparan. Hasil akhir akan timbul pembalasan untuk makan berlebih dan potensi penyimpanan lemak akan berlebih.
  5. Memilih makanan sehat dan makan tepat waktu membuat Anda akan sukses menurunkan berat badan daripada membatasi kalori Anda secara ketat.
  6. Tambahkan kandungan serat dalam diet Anda. Serat membantu menjauhkan diri dari rasa lapar antarwaktu makan. Produk biji-bijian, buah, sayuran, dan kacang-kacangan adalah sumber serat tinggi.
  7. Batasi asupan gula, makanan manis dan alkohol, makanlah sedikit lemak. Gantilah ke susu skim dan kurangi asupan mentega, margarin, saus salad, dan mayonaise. Buang lemak dari daging dan kulit unggas.
  8. Tepati jadwal makan secara teratur, sebab dengan melewatkan makan dapat mengakibatkan makan pembalasan dan akan lebih susah untuk mempertahankan penurunan berat badan.
  9. Berolahraga teratur setidaknya 30 menit sekali sehari, sekurang-kurangnya 3 hingga 4 kali per minggu. Anda tidak perlu olah raga berat, tetapi Anda harus menggerakkan otot kaki. Berjalan teratur tiap hari telah membantu mencapai dan mempertahankan penurunan berat badan. Biasakan dalam aktivitas harian, untuk selalu mengaktifkan otot kaki. Gunakan tangga dari pada elevator dan gunakan alat manual daripada yang pakai mesin. Jenis olahraga apapun dapat membantu Anda menurunkan berat. Untuk detail, lihat pada artikel selanjutnya. []

 

Sumber gambar: health.clevelandclinic.org

Source:
  • Tags:
Keywords