7 Langkah untuk Menjaga Agar Ginjal Tetap Sehat


Ginjal adalah organ yang sangat penting, namun seringkali banyak disepelekan. Ginjal yang sehat adalah bagian dari tubuh yang sehat. Seseorang yang mengalami gangguan pada ginjal akan mengganggu kualitas hidupnya, sehingga penting untuk diketahui bagaimana cara menjaga agar ginjal tetap sehat. Berikut 7 langkah untuk menjaga agar ginjal tetap sehat.

 

1. Menjaga kebutuhan cairan

Umumnya orang dewasa membutuhkan sebanyak 2 liter per hari. Kebutuhan cairan berbeda tiap individu bergantung pada usia, jenis kelamin, berat badan, dan tingkat aktivitas. Kebutuhan cairan harus terpenuhi agar dapat menjalankan fungsi tubuh. Bila tubuh kekurangan cairan (dehidrasi) maka gejala yang tampak adalah bibir tampak kering, urine berwarna pekat, dan merasa haus. Asupan cairan harus ditingkatkan bila sedang berolahraga, berada pada lingkungan yang panas, atau sedang mengalami diare atau muntah. 

 

2. Makan makanan yang bergizi

Istilah makan ‘empat sehat lima sempurna’ sudah banyak ditinggalkan. Saat ini lebih tepat menggunakan istilah ‘gizi seimbang’. Prinsip gizi seimbang adalah mengonsumsi beragam makanan kaya gizi, seperti makanan makronutrien (karbohidrat, protein, lemak baik, dan serat) dan makanan mikronutrien (vitamin dan mineral). Untuk menjaga Kesehatan ginjal penting untuk mengurangi asupan makanan tinggi garam dan lemak. Dengan menjaga pola makan yang baik, maka akan menurunkan kejadian obesitas, yang akan menyebabkan komplikasi berbagai macam penyakit.

 

3. Menjaga tekanan darah

Meskipun tidak ada gejala yang berarti, memeriksakan tekanan darah adalah tindakan yang bijak. Banyak penelitian yang menyatakan relasi tingginya tekanan darah dan angka kejadian gangguan ginjal dan jantung. Menjaga tekanan darah dapat dilakukan dengan memeriksakan diri kepada tenaga medis secara rutin. Bila ternyata tekanan darah didapati tinggi, maka dokter akan memberikan obat penurun tekanan darah (obat anti-hipertensi), yang nantinya harus dibarengi dengan modifikasi pola hidup sehat serta konsumsi obat secara teratur.

 

4. Tidak merokok dan minum alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal melalui berbagai mekanisme. Salah satunya adalah hipertensi yang dapat meningkatkan risiko penyakit pada ginjal.

 

5. Kurangi asupan minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung asam fosfat, natrium bikarbonat, dan pemanis buatan, yang dapat menyebabkan batu ginjal, hipertensi, dan diabetes mellitus, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Konsumsi minuman bersoda 2 kali per hari berisiko menyebabkan penyakit ginjal kronis.

 

6. Rutin berolahraga

Melakukan olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jasmaniah, akan tetapi kesehatan mental. Olahraga yang dianjurkan dengan durasi 20 – 30 menit, sebanyak minimal 3 kali seminggu, intensitas sedang-berat. Olahraga tidak hanya menurunkan angka kejadian penyakit ginjal, tetapi juga menurunkan kejadian penyakit lainnya. Akan tetapi bila Anda menderita penyakit tertentu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk olahraga yang tepat.

 

7. Hindari obat pereda nyeri/pegel linu

Fenomena membeli obat secara bebas di Indonesia adalah hal yang sering kita jumpai. Masyarakat begitu mudah mendapatkan obat anti nyeri, steroid, antibiotik, dan obat lain yang jika dikonsumsi secara sembarangan dapat menimbulkan potensi kerusakan ginjal. Kurangi kebiasan seperti ini dan jika terdapat keluhan segera kontrol ke dokter untuk mendapat petunjuk yang benar. []


Sumber gambar: kompas.com

Source:
Keywords:



Comments